Breaking News:

Berita Regional

Jokowi Kunjungi Jogja, Mural-mural Bernada Kritikan di Beberapa Sudut Kota Dihapus

Sarwanto mengatakan, setiap hari Jumat pihaknya berkeliling untuk melakukan penghapusan vandalisme-vandalisme yang ada di Wirobrajan

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO
Pol PP saat menghapus vandalisme di sekitar simpang empat Wirobrajan, Jumat (10/9/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, YOGYAKARTA--Kritik melalui mural menjadi hal sensitif belakangan ini.

Gambar-gambar bernama kritikan kepada pemerintah, dianggap sebagai hal yang tidak patut dilakukan dan petugas menghapusnya.

Bahkan, di beberapa lokasi, polisi mengejar pembuat mural yang mengkritik pemerintah.

Jelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kemantren Wirobrajan bersama Pol PP Kota Yogyakarta juga menghapus mural di tembok sisi timur simpang empat Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Mantri Pamong Praja Wirobrajan Sarwanto mengatakan, setiap hari Jumat pihaknya berkeliling untuk melakukan penghapusan mural yang dia sebut aksi "vandalisme" yang ada di Wirobrajan terutama vandalisme yang memuat provokasi.

"Kami dari kemantren (Kecamatan) Wirobrajan ini melihat banyak tulisan vandalisme menjurus provokatif, minggu lalu sebelah selatan sudah dihapus tetapi sekarang di pojok sini karena tulisannya besar-besar pagi ini kita bersihkan," katanya dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Rumah Rocky Gerung Diancam Diratakan, Andi Arief Duga Ada Motif Politik:Sikap Kritis RG Mau Dibredel

Baca juga: Setelah Mural Dihapus, Kini Poster Dirampas, Roy Suryo: Rakyat Sampaikan Aspirasi malah Ditangkap

Ia menambahkan penghapusan vandalisme dilakukan setiap hari Jumat, dan kebetulan hari Jumat ini Presiden Jokowi berkunjung ke Yogyakarta.

"Setiap Jumat kita bersihkan keliling ke wilayah vandalisme apalagi yang tulisannya provokatif. Ya kebetulan juga hari ini, Pak Jokowi datang, Pagi ini satu titik dulu karena sudah berapa puluh meter ini," jelasnya.

Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Wirobrajan Hudi Harsono mengatakan, setiap hari Jumat pihaknya melakukan bersih-bersih vandalisme yang ada di sekitar kemantren Wirobrajan.

Baca juga: Wagub DKI Izinkan Warga Berkreasi dan Berinovasi Lewat Mural, yang Penting Isinya Positif

Baca juga: Mural Curhatan Warga dengan Gambar Mirip Jokowi di Jagakarsa Tak Bertahan Lama, Kini Sudah Dihapus

"Kita lakukan pembersihan mungkin spot-spot khusus dulu. Mungkin karena ada kedatangan Pak Jokowi kita utamakan spot ini dulu," katanya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved