Breaking News:

Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Pulau Seribu Vaksinasi dan Sterilisasi Puluhan Hewan Peliharaan

Untuk yang sterilisasi ada 132 ekor kucing dengan rincian 74 ekor kucing jantan dan 58 ekor kucing betina di dua pulau penduduk

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Ikhwana Mutuah Mico
Penyuntikan vaksin anti rabies oleh drh Rusito dari Dinas KPKP DKI Jakarta, Rabu (8/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melakukan kegiatan vaksinasi rabies terhadap 157 ekor kucing di Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Sandrie Oktama mengatakan vaksinasi rabies tersebut dilaksanakan pada 7-8 September 2021. 

Sandrie mengatakan 157 ekor kucing tersebut tersebar di Pulau Kelapa serta Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara dengan rincian yakni terdiri atas 79 ekor kucing jantan dan 78 ekor kucing betina.

"Kami juga melakukan sterilisasi terhadap ratusan ekor kucing selain vaksinasi rabies," ungkap Sandrie, Jumat (10/9/2021).

“Untuk yang sterilisasi ada 132 ekor kucing dengan rincian 74 ekor kucing jantan dan 58 ekor kucing betina di dua pulau penduduk,” sambungnya. 

Adapun vaksinasi rabies tersebut selain dilakukan oleh jajaran Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu dibantu Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Wagub DKI Ahmad Riza Patria Tegaskan Ancol dan TMII Masih Dalam Uji Coba dan Belum Dibuka untuk Umum

Baca juga: Kaget Warganya Ditangkap Densus 88, Ketua RT: dari Kecil Asli Sini Dikenal Nggak Aneh-aneh Orangnya

Sementara Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan Sidabalok mengungkapkan, pihaknya menargetkan penyuntikan vaksinasi rabies untuk 6.800 ekor hewan peliharaan pada 2021. 

“Pada 2021, targetnya itu 6.800 ekor. Karena kemarin ada PPKM, jadi kita sebulan berhenti,” ujar Hasudungan, Rabu (8/9/2021).

Hasudungan menambahkan, hingga saat ini, sebanyak 55 persen hewan peliharaan sudah memperoleh suntikan vaksin rabies. Namun, jumlah vaksinasi rabies tersebut, katanya, masih harus terus digenjot selama tiga bulan ke depan.

“Jadi kucing itu mendominasi, kalau persentasenya kurang lebih yang divaksin sudah 60 persen. Selebihnya anjing, kera, serta musang,” tuturnya.

Baca juga: Spesialis Gizi dr Cindiawaty Josito Membeberkan Keandalan Air Fryer Dalam Metode Diet dan Kesehatan

Baca juga: Langgar Jam Operasional, 7 Tempat Usaha di Wilayah Koja Terkena Sanksi

“Tapi Alhamdulillah, sampai sekarang sudah lebih dari 55 persen capaiannya jadi masih ada tiga bulan lagi,” tambah Hasudungan.

Hasudungan optimistis pencapaian vaksinasi rabies di Jakarta Selatan bakal lebih dari 100 persen. “Karena vaksin rabies itu boosternya, kan, sekali setahun. Kebetulan kami banyaknya seperti Oktober dan November tahun lalu. Jadi nanti puncaknya Oktober dan November,” katanya.

Untuk hewan liar, Hasudungan mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengendalian sterilisasi sekaligus vaksinasi.

Karena sterilisasi dan vaksinasi bagi hewan liar harus mempunyai surat keterangan siapa yang bertanggung jawab.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved