Breaking News:

Info BPJS Kesehatan

Soroti Kasus Covid-19 dengan Komorbid, BPJS Kesehatan Jalankan Kegiatan Mentoring Spesialis

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) juga masuk ke dalam gerbang pelayanan bagi pasien Covid-19 dan banyak diantaranya memiliki komorbid.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat mengadakan kegiatan Mentoring Spesialis bersama dengan sejumlah tenaga kesehatan di wilayah Jakarta Barat dengan tema kegiatan Tatalaksana Pasien Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT) pada Pasien Covid-19 di FKTP, baru-baru ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Sebagai salah satu penyakit yang dianggap memiliki penyebaran massive dan mematikan, Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) saat ini masih menjadi penyakit yang menjadi perhatian dari kalangan profesi kesehatan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Hingga saat ini, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia sudah tercatat lebih dari empat juta kasus, 92.9 persen di antaranya telah dinyatakan sembuh sedangkan 3.3 persen diantaranya atau sekitar 135.861 kasus meninggal dunia hingga Senin (6/9/2021).

Berdasarkan peta sebaran kasus Covid-19 di Indonesia dilansir dari portal https://covid19.go.id bahwa pada data nasional terdapat 9,9 persen pasien meninggal memiliki penyakit penyerta (komorbid) Diabetes Melitus dan 9,5 persen lainnya adalah Hipertensi.

Sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat mengadakan kegiatan Mentoring Spesialis bersama dengan sejumlah tenaga kesehatan di wilayah Jakarta Barat dengan tema kegiatan Tatalaksana Pasien Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT) pada Pasien Covid-19 di FKTP.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Purwati mengatakan bahwa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) juga masuk ke dalam gerbang pelayanan bagi pasien Covid-19 dan banyak diantaranya memiliki komorbid.

“Ini memunculkan banyak keprihatinan utamanya secara data nasional pasien Covid-19 dengan komorbid cukup banyak di Indonesia. Untuk itu BPJS Kesehatan pada kegiatan Mentoring Spesialis kali ini membahas tema tersebut agar para pelayan kesehatan di FKTP bisa mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam upaya pencegahan termasuk perawatan pasien-pasien dengan kondisi tersebut," ungkap Purwati dalam pernyataan resminya, Kamis (9/9/2021).

Selama kegiatan, para dokter serta profesional bidang kesehatan lainnya memiliki antusias yang baik. Kegiatan yang juga turut dihadiri oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat dan Ketua IDI Jakarta Barat disambut secara antusias oleh sejumlah FKTP di wilayah Jakarta Barat.

Sebagai salah satu pembicara dari kegiatan  ini, dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD menyampaikan pemaparannya tentang tatalaksana monitoring serta perawatan pasien Covid-19 yang memiliki komorbid DM dan HT termasuk langkah pencegahan yang dapat dijadikan rujukan bagi dokter di masing-masing fasilitas kesehatan agar tidak terjadi peningkatan keparahan kondisi Covid-19.

Selain itu, Tri juga menyampaikan bahwa terkait percepatan vaksinasi bagi pasien dengan komorbid agar dapat di fasilitasi dengan baik.

Menurutnya, Covid-19 ini adalah suatu penyakit yang bisa dikatakan baru di dunia sehingga penelitian pun masih terus berlangsung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved