Breaking News:

Berita Tangerang

Napi Lapas Tangerang Didominasi Kasus Narkoba, Mahfud MD: Kalau Pengguna Direhabilitasi Saja

Menurutnya, banyak kasus dari narapidana narkoba, yang sebenarnya hanya berstatus sebagai pengguna, atau orang yang terjebak dalam kasus tersebut.

Penulis: Miftahul Munir | Editor: Dedy
Gilbert Sem Sandro
Menkopolhukam Mahfud MD, dalam konfrensi pers saat memantau langsung situasi terkini Lapas Kelas I Kota Tangerang, yang terbakar dini hari tadi. 

WARTAKOTALIVE.COM  --- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meninjau langsung Lapas Kelas I Kota Tangerang, sore.

Dalam kedatangannya itu, Mahfud menilai tingginya jumlah penghuni seluruh lapas di Indonesia didominasi oleh tahanan kasus narkotika.

Menurut Mahfud, tingkat hunian narapida narkoba dari keseluruhan penghuni lapas yang ada di Indonesia, mencapai 50 persen.

"Lembaga pemasyarakatan itu sudah tidak kondusi kondisinya, lebih dari 200 ribu narapidana itu 50 persennya itu kasus narkoba," ujar Mahfud MD saat konfrensi pers di depan pintu masuk Lapas Kelas I Kota Tangerang.

Baca juga: Bukan Cuma Cek Instalasi Listrik dan APAR, Lapas Karawang Siapkan Langkah Ini Jika Terjadi Kebakaran

Baca juga: Rutan Salemba Gelar Doa Bersama dan Baca Puisi untuk Korban Kebakaran di Lapas Tangerang

Baca juga: TIGA Napi yang Dirawat di RSUD Tangerang Meninggal, Korban Kebakaran Lapas Tangerang Jadi 44 Orang

"Bayangkan, satu kejahatan mendominasi 50 persen dengan kejahatan-kejahatan lainnya yang jumlahnya lebih sedikit," sambungnya.

Mahfud mencontohkan, dari 41 korban tewas akibat kebakaran di dalam Lapas Kelas I Kota Tangerang.

Pasalnya, sebanyak 40 orang merupakan narapidana kasus tindak pidana narkotika, sedangkan 1 napi sisanya adalah kasus tindak pidana terorisme.

Hal tersebut, dinilai Mahfud menjadi penyebab, penanganan kasus tindak pidana narkoba harus dibicarakan lebih lanjut.

Baca juga: Rahmat Effendi Pede Banget Sebut Kota Bekasi Semestinya Masuk PPKM Level 1, Begini Alasannya

Menurutnya, banyak kasus dari narapidana narkoba, yang sebenarnya hanya berstatus sebagai pengguna, atau orang yang terjebak dalam kasus tersebut.

"Ada orang bawa tas, lalu dimasukan barang sama orang lain kesana, lalu kena. Ada orang dititipi suatu barang diminta tolong antarkan kesana, dibawa terus kena, masuk penjara juga," pungkas Mahfud mencontohkan. 

Baca Berita Selengkapnya di TribunBekasi.com Berjudul : Menkopolhukam Mahfud MD Sebut 50 Persen Penghuni Lapas di Indonesia Diisi Narapidana Narkotika, 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved