Breaking News:

Warga Minta Menparekraf Sandiaga Uno Segera Buka Pariwisata di Kepulauan Seribu

Warga Kepulauan Serib menyampaikan aspirasinya saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno agar sektor pariwisata kembali dibuka.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Workshop Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Kota Kreatif di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (4/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUANSERIBU - Status PPKM Level 3 di DKI Jakarta diharapkan dapat memberikan angin segar bagi pariwisata di Kepulauan Seribu supaya segera dibuka kembali, untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan warga menyampaikan langsung aspirasinya saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno agar sektor pariwisata kembali dibuka.

"Bahkan warga langsung minta ke Pak Sandi, agar wisata Kepulauan Seribu segera dibuka. Kasihan warga," kata Junaedi, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno Tantang Pelaku Ekonomi Kreatif Jakarta Utara Bikin Gebrakan Untuk Kebangkitan Ekonomi

Junaedi mengatakan masyarakat menginginkan setidaknya sektor pariwisata dapat dibuka lagi minimal 50 persen dari kapasitas supaya roda perekonomian bisa kembali terangkat. 

"Secara lisan sudah disampaikan langsung ke Pak Menteri Pariwisata. Tapi kan nanti keputusan ada di Menteri Dalam Negeri," katanya.

Seorang warga di Pulau Untung Jawa, Rohima Saragi (40) mengharapkan supaya pariwisata dapat kembali dibuka seperti biasa. 

Baca juga: Januari-Agustus 2021, 108 Sumur Resapan di Kepulauan Seribu Selesai Dibangun

Rohima beralasan selama penerapan PPKM, tidak ada wisatawan yang datang sehingga membuat usaha homestay miliknya terdampak.

"Kami berharap wisata segera buka lagi khususnya di Pulau Untung Jawa. Sekarang sepi, sejak PPKM tidak ada wisatawan yang datang ke pulau," ujar pemilik Homestay Baronang. 

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pembukaan kembali sektor pariwisata bergantung kepada akselerasi vaksinasi Covid-19. 

Baca juga: PAM JAYA Sosialisasikan Pemberlakuan Tarif Baru untuk Warga Kepulauan Seribu

Selain itu juga sangat bergantung dari penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disertai disiplin masyarakat, pengelola destinasi wisata maupun wisatawan saat datang berkunjung. 

"Narasinya setelah vaksin, protokol ketat dan disiplin, saya beri panduan kepada Pak Bupati dan Bu Kasudin Parekraf yang menentukan dengan koordinasi ke Dinas Parekraf DKI Jakarta," kata Sandiaga. 

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga pada saat menobatkan Pulau Untung Jawa sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Sabtu (4/9/2021).

Sebelumnya sektor pariwisata di Kepulauan Seribu ditutup untuk umum sejak penerapan PPKM di wilayah DKI Jakarta untuk menekan penyebaran Covid-19. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved