Breaking News:

Vaksinasi Rabies Gratis di Sunter Jaya, Warga Senang Bisa Hemat di Tengah Pandemi Covid-19

Vaksinasi rabies gratis di kawasan Sunter Jaya, Jakarta Utara disambut gembira warga yang tengah kesulitan di masa pandemi Covid-19.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi. Aksi pengendalian Hewan Penular Rabies (HPR) berupa kegiatan vaksinasi dan sosialisasi digelar di Perumahan Griya Gading Lestari, Balai RW 12 Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (8/1). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies di RW 06 Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (6/9/2021). 

Kegiatan itu mendapatkan sambutan positif bagi masyarakat yang punya hewan peliharaan seperti yang dialami Sofiatun.

Ia mengaku senang kucing peliharaannya yang berjumlah dua ekor divaksin.

Baca juga: Ratusan Hewan Peliharaan Penular Rabies Divaksinasi Petugas Sudin KPKP di Kepulauan Seribu

"Dua-duanya diberikan suntikan. Satu disuntik vitamin, satu lagi diberikan suntikan rabies," kata Sofiatun, Senin (6/9/2021).

Warga RT 004 RW 06 Sunter Jaya, Sofiatun mengatakan dirinya tidak dikenakan biaya saat harus mengikutsertakan kucing peliharaannya untuk disuntik vaksin rabies. 

Pelayanan vaksinasi gratis ini pun disambut baik warga.

Baca juga: Upaya Mencegah Penyebaran Penyakit Rabies Petugas Suku Dinas KPKP Jaktim Buka Layanan Jemput Bola

Sofiatun mengatakan dengan adanya pelayanan vaksinasi rabies gratis tersebut, bisa menghemat pengeluaran uang di masa pandemi. 

“Uang yang seharusnya digunakan untuk menjaga kesehatan kucing bisa digunakan untuk keperluan lainnya,” kata Sofiatun. 

Menurut Sofiatun, pandemi Covid-19 membuat semua orang tanpa terkecuali harus berhemat dengan mendahulukan pengeluaran yang lebih penting seperti kebutuhan pokok. 

Baca juga: Pemerintah Jakarta Pusat Adakan Vaksin Rabies Gratis untuk 200 Hewan, Cek Syaratnya

“Tapi dengan adanya pelayanan vaksinasi rabies gratis, terus terang saya sangat senang. Binatang peliharaan saya tetap terjaga kesehatannya," ujar Sofiatun.

Sementara petugas kesehatan Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Agus Unarso mengatakan ada 58 hewan peliharaan mendapat suntikan vaksinasi rabies di RW 06 Sunter Jaya.

"Hewan penular rabies yang bisa diberi vaksinasi atau tindakan vaksin rabies yang pertama hewan itu sehat, tidak sedang hamil, tidak menyusui, dan umurnya di atas 5 bulan,” katanya.

Baca juga: Puluhan Hewan Peliharaan di Tiga RW Kelurahan Penjaringan Divaksin Rabies

Pada kesempatan tersebut pihaknya menemukan ada lima ekor yang tidak bisa divaksinasi karena tiga ekor binatang terkena flu dan sisanya belom cukup umur. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved