Breaking News:

lifestyle

Pandemi Covid-19 Membuat Kebiasaan Ngemil Meningkat dan Mencoba Makanan Baru

Kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kuliner atau camilan, kini terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Termasuk di masa pandemi Covid-19.

Kompas.com
Ilustrasi martabak manis. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kuliner atau camilan, kini terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Termasuk di masa pandemi Covid-19.

Selain kebiasaan ngemil jadi meningkat, masyarakat Indonesia juga menyukai ngemil  makanan baru. 

Perubahan ini juga direspon oleh  para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidang kuliner.

Hasil survei konsumen Mondelez International The State of Snacking 2020  menyebutkan, pandemi Covid-19 telah meningkatkan kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ngemil Kacang Almond Bikin Tubuh Tetap Langsing dan Sehat, Simak Kandungan Nutrisinya

Baca juga: Hati-hati Ngemil Berlebih saat di Rumah Aja, Ini Langkah-langkah Ngemil Bijak Ala Mondelez Indonesia

Terungkap  bahwa 77 persen responden mencari makanan baru selama pandemi, dan 54 persen mendapatkan ide makanannya dari media sosial.

“Dari sisi bisnis, tren tersebut tentu menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk membuka peluang dari media sosial,” tutur Prashant Peres selaku President Director Mondelez Indonesia dalam siaran pers, Senin (6/9/2021).

Faisal Hasan Basri selaku Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM setuju bahwa UMKM kuliner memiliki kesempatan yang besar untuk terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi camilan.

Namun disisi lain UMKM kuliner juga menghadapi tantangan yang cukup rumit.

Baca juga: Ide Brilian Selviana Modifikasi APD Viral di Medsos, Tenaga Medis Kini Bisa Ngemil Saat Bekerja

“Disinilah diperlukan adanya kolaborasi antara pelaku UMKM kuliner dengan berbagai pihak, baik bersama pemerintah maupun sektor swasta untuk bersama-sama dapat mengatasi tantangan tersebut,” jelas Faisal.

Sejalan dengan hasil survei, Fatmah Bahalwan selaku Chef dan Penggiat UMKM Kuliner mengamati bahwa kuliner ‘kekinian’ menjadi salah satu yang kini semakin digemari masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved