Breaking News:

Wagub DKI Kaget Karyawan Transjakarta Banyak Belum Dapat Vaksinasi Covid-19 Padahal Rentan Terpapar

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria kaget mendengar realisasi vaksinasi Covid-19 bagi karyawan Transjakarta masih kecil, padahal mereka rentan.

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Kelurahan Rawasari, Jakarta Pusat, Minggu (29/8/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta akan menindaklanjuti kabar rendahnya realisasi vaksinasi Covid-19 bagi karyawan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bidang transportasi, harusnya seluruh karyawan dapat divaksin, kecuali komorbid dan berada di masa tenggang sebagai penyintas Covid-19.

“Informasi ini baru saja saya terima, nanti akan dicek. Harusnya semua tenaga kesehatan, tenaga pelayanan publik sudah mencapai pendekatannya harus 100 persen,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI pada Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Pengoperasian Halte CSW Transjakarta, Pemkot Jaksel Tunggu Arahan Pemprov DKI Jakarta

Ariza berharap, realisasi vaksinasi di kalangan karyawan Transjakarta tidak sebesar itu. Dia memastikan, pemerintah daerah terus mendorong percepatan vaksinasi di pegawai, karyawan BUMD, hingga masyarakat karena sebagai upaya melindungi mereka dari keparahan bila terpapar Covid-19.

“Nanti Transjakarta harus memastikan, bahwa seluruh karyawan yang terlibat langsung (dengan pelayanan) sudah divaksin,” kata Ariza.

Seperti diketahui, legislator DKI Jakarta mendesak PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk menyelesaikan vaksinasi Covid-19 di kalangan karyawan.

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku, Begini Suasana Halte Transjakarta Grogol, Penumpang Wajib Divaksin Covid-19

Pasalnya, vaksinasi Covid-19 sangat diperlukan sebagai upaya melindungi karyawan dari tingkat keparahan bila terpapar Covid-19.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Eneng Malianasari mengatakan, PT Transjakarta baru melakukan vaksinasi bagi 60 persen karyawannya.

Hal itu terungkap saat Komisi B menggelar rapat bersama dengan Transjakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: PPKM Level 3 Resmi Diterapkan, Karyawan Ini Kembali Naik Transjakarta ke Kantor

“Bagaimana bisa menuntut seluruh penumpang sudah wajib vaksin, tapi sebaliknya pekerja yang bertugas justru belum terlindungi vaksin? Seharusnya pelayan publik menjadi contoh dan kalau bisa mendekati 100 persen tervaksin,” ujar Eneng pada Rabu (1/9/2021).

Eneng mengatakan, kebijakan wajib vaksinasi di sektor transportasi massal telah tercantum dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 974 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 yang ditetapkan pada 10 Agustus lalu. Dalam regulasi itu tertulis syarat vaksinasi ditujukan kepada pengendara, petugas, dan pengguna.

“Jadi tidak ada lagi alasan petugas Transjakarta yang belum divaksin,” kata Eneng. (faf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved