Berita Nasional

Teten Masduki Yakini Literasi Jadi Hal yang Sentral bagi Pelaku Koperasi dan UMKM

Nota kesepahaman ini memiliki tujuan pemanfaatan akses informasi dalam peningkatan literasi bidang perkoperasian, UMKM, serta kewirausahaan

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Kepala Perpusnas RI Syarif Bando saat menandatangani kerja sama, terkait upaya mendukung kebangkitan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar memiliki daya saing, produktif, dan memajukan budaya literasi di Indonesia, Rabu (1/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk mendukung kebangkitan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar memiliki daya saing, produktif, dan memajukan budaya literasi di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, literasi adalah hal yang sentral bagi pelaku koperasi dan UMKM. Apalagi, mayoritas pelaku usaha di Indonesia ialah UMKM.

"Sebanyak 99,9 persen dari pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Kreativitas, inovasi, hingga edukasi menjadi faktor kunci bagi para pelaku UMKM untuk terus bertahan dan beradaptasi dengan segala situasi," kata Teten dalam sambutannya secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Kembali Raih WTP dari Kemenkeu, Laporan Keuangan Perpusnas Diapresiasi Komisi X DPR RI

Dia menambahkan, kerja sama ini merupakan upaya revitalisasi perpustakaan di lingkungan Kemenkop dan UKM. 

Harapannya, kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas perpustakaan. 

"Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, pengembangan teknologi dan informasi serta infrastruktur untuk menjadikan perpustakaan lebih adaptif, modern, dan digital di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM," kata Teten.

Ruang lingkup kerja sama tersebut, mencakup pengembangan sumber daya manusia, sumber daya perpustakaan dan kepustakawanan terkait literasi perkoperasian, UMKM dan kewirausahaan.

Baca juga: Menkop Teten Masduki: Ridwan Kamil Didaulat Jadi Duta Produk UMKM dalam Gernas BBI, Ini Tugasnya

Menurut Kepala Perpusnas RI Syarif Bando, nota kesepahaman ini memiliki tujuan pemanfaatan akses informasi dalam peningkatan literasi bidang perkoperasian, UMKM, serta kewirausahaan melalui perpustakaan.

"Kerja sama ini akan memberikan ruang lebih dalam pemanfaatan perpustakaan secara luas terutama kepada masyarakat Indonesia yang bergerak di bidang koperasi, UMKM, dan kewirausahaan," katanya.

Dan buku-buku yang diterbitkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM,  juga akan dimasukkan dalam aplikasi buku digital milik Perpusnas yaitu iPusnas.

"Jadi nantinya bisa menjangkau seluruh masyarakat terutama generasi muda yang sangat familiar dengan dunia digital," ujar Syarif Bando.(ign).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved