Berita Karawang

Pemkab Karawang Bangun 10 Ribu Jamban di Rumah Warga yang Membutuhkan, Rencananya Ada Dua Model

Jamban tersebut dibangun untuk menggantikan 'helikopter' di pinggir sungai atau kali tempat warga biasa buang air besar.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Pemkab Bekasi akan membangun jamban permanen di rumah warganya yang membutuhkan, agar tak BAB sembarangan. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG ---  Rencananya ada dua tipe jamban yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi di dalam rumah warga.

Jamban tersebut dibangun untuk menggantikan 'helikopter' di pinggir sungai atau kali tempat warga biasa buang air besar.

"Ini merupakan bagian dari perubahan perilaku di masyarakat dan ini bukan pembangunan MCK umum tapi MCK di dalam rumah warga itu sendiri," kata Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, Yayan Yuliandi, Kamis (2/9/2021).

Setidaknya dipersiapkan anggaran Rp23,7 miliar untuk membangun ribuan jamban di lingkungan rumah warga yang tergolong dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang berkaitan dengan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S). 

Baca juga: Mural Kritik Pemerintah Marak di Karawang, Satpol PP Gandeng Polres Agar Tidak Salah Ambil Langkah

Yayan mengatakan, pembangunan jamban di rumah warga bersumber dari dua anggaran.

Pertama, Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat sebesar Rp10.899.000.000. 

Pagu itu dialokasikan untuk membangun 1.557 jamban di delapan desa pada tiga kecamatan.

Satu unit jamban dari anggaran pemerintah pusat tersebut dianggarkan sebesar Rp 7 juta yang terdiri dari bangunan jamban tanpa atap.

Kedua, APBD Kabupaten Bekasi 2021 sebesar Rp 12.856.288.380 yang dialokasikan untuk membangun 930 jamban di tujuh desa dan tujuh kecamatan.

Satu unit jamban dianggarkan Rp13 juta yang terdiri dari bangunan jamban hingga saluran pembuangan dengan menggunakan bio tank. 

Baca Berita Selengkapnya di TribunBekasi.com Berjudul : Dua Tipe Jamban Bakal Dibangun Pemkab Bekasi di Dalam Rumah Warga, Begini Bentuknya , 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved