Breaking News:

Bank Sampah Kelurahan Tugu Selatan Ubah Sampah Organik Jadi Pupuk Padat

ank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara membuat inovasi pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik padat.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Bank Sampah Kelurahan Tugu Selatan mengembangkan inovasi mengolah sampah organik menjadi pupuk organik padat. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara membuat inovasi pengolahan sampah organik yang kemudian diolah menjadi pupuk organik padat. 

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan, proses pengolahan komposting butuh waktu sekitar satu hingga 1,5 bulan untuk mengumpulkan sekitar 100 kilogram sampah organik dari lingkungan sekitar. 

Selanjutnya sampah organik yang dikumpulkan anggota PPSU Kelurahan Tugu Selatan itu lalu dicampur dengan kotoran kambing dan bahan kimia lainnya untuk menghasilkan pupuk organik. 

Baca juga: Pemkab Bekasi Bangun Bank Sampah Induk untuk Atasi Masalah Sampah

"Pupuk organik padat yang dihasilkan sekitar 40-50 kilogram,” ucap Sukirman, Kamis (2/9/2021). 

Selanjutnya pupuk organik padat itu akan digunakan di lingkungan Kantor Kelurahan Tugu Selatan dan juga dipasarkan ke warga setempat. 

"Harga satu kantong pupuk ukuran 5 kilogram hanya Rp 5.000. Pokoknya harga bersaing demi keindahan taman di lingkungan kita," ujarnya. 

Baca juga: Warga Mekarjaya Depok Dilatih Mengolah Sampah Organik Menggunakan Teknologi Eco Enzyme

Menurut Sukirman, ini adalah kegiatan permulaan yang harus terus dikembangkan bersama warga sekitar. Apalagi bahan bakunya mudah didapat di Kelurahan Tugu Selatan

"Bahan baku seperti daun dan kotoran kambing mudah didapatkan karena di wilayah Kelurahan Tugu Selatan juga ada peternakan kambing," ujar Sukirman. 

Dengan adanya pengolahan komposting dari sampah organik ataupun anorganik diharapkan bisa mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang, Bekasi. 

Baca juga: Rajin Nabung Sampah dan Minyak Jelantah, Nasabah Bank Sampah di Kebagusan Dapat Bingkisan Lebaran

"Jadi sama-sama diolah dan dimanfaatkan agar sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang bisa berkurang," ungkapnya. 

Apalagi pihaknya sudah punya mesin pencacah sampah dan perlengkapan lainnya sehingga memudahkan proses pengolahan komposting. 

“Teman-teman PPSU Kelurahan Tugu Selatan juga berfungsi sebagai motor penggerak dari kegiatan ini dan juga ikut mengedukasi warga" katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved