Breaking News:

Info BPJS Kesehatan

Optimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Jakarta Barat Giat Sosialisasikan Layanan Non Tatap Muka

Layanan non tatap muka ini diharapkan menjadi wadah yang mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi seputar JKN-KIS dan berbagai bentuk lainnya.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan memperluas jangkauan layanan tanpa tatap muka yaitu Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Care Center BPJS Kesehatan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali Level 4 sebagai upaya pemerintah dalam rangka menekan laju peningkatan penyebaran Covid-19 di Indonesia, BPJS Kesehatan Jakarta Barat giat menyosialisasikan pelayanan melalui kanal non tatap muka.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Sebagai upaya peningkatan layanan selama pandemi Covid-19 dan bentuk inovasi dalam memaksimalkan layanan jarak jauh, BPJS Kesehatan memperluas jangkauan layanan tanpa tatap muka yaitu Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Care Center BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat Desi Muflihatun, Jumat (13/8/2021).

Desi juga menyampaikan bahwa implementasi kanal pelayanan tanpa tatap muka ini tujuannya bukan hanya untuk menekan laju peningkatan penyebaran Covid-19 di lingkungan pelayanan kantor BPJS Kesehatan, namun juga inovasi BPJS Kesehatan untuk bisa lebih memaksimalkan pelayanan yang ada.

Layanan non tatap muka ini diharapkan akan menjadi wadah yang mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi seputar JKN-KIS dan juga berbagai bentuk layanan lainnya.

“BPJS Kesehatan Jakarta Barat tetap menerima pelayanan tatap muka akan tetapi kami memaksimalkan pelayanan non tatap muka ini. Jika lebih mudah di akses kapan saja dan di mana saja itu jauh lebih baik dengan begitu kepuasan peserta atas program JKN-KIS dan juga terhadap layanan BPJS Kesehatan bisa lebih meningkat. Selain itu masyarakat pastinya merasa kesulitan berkunjung ke kantor cabang akibat diberlakukannya PPKM Darurat sehingga alangkah lebih baik ketika mereka tetap bisa mendapatkan pelayanan maksimal tanpa harus keluar rumah,” ungkap Desi.

Desi menambahkan pada dasarnya kualitas pelayanan baik tatap muka maupun non tatap muka tidak memiliki perbedaan. Desi menyebut BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas layanan yang sama dari setiap kanal layanan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

Desi menjelaskan pelayanan tatap muka di kantor cabang tetap dilaksanakan tentunya dengan memaksimalkan protokol kesehatan baik dari pihak pemberi layanan juga dari peserta.

Dengan adanya kanal layanan non tatap muka ini tentu berdampak terhadap menurunnya jumlah kunjungan di kantor cabang sehingga peserta yang datang juga merasa lebih aman dan nyaman dalam menerima pelayanan di kantor cabang sekalipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selama proses penyampaian materi tersebut, perwakilan dari masing-masing FKTP memahami fungsi pelayanan non tatap muka yang diusung oleh BPJS Kesehatan.

Isma sebagai salah satu perwakilan dari Dokter Praktik Perorangan (DPP) dr. Tri Suprapti Handajani menyampaikan bahwa ke depannya apabila terdapat peserta yang bertanya atau memberikan pengaduan terkait dengan perubahan data, mereka bisa mengarahkan peserta ke Mobile JKN, CHIKA, dan PANDAWA jika memang pelayanan tersebut dapat dilakukan secara online.

“Sebenarnya aplikasi ini juga ada hubungannya dengan aplikasi SIPP (Sistem Informasi Pengaduan Peserta) juga ya. Bukan hanya perubahan data tapi mereka juga bisa menyampaikan pengaduan melalui aplikasi tersebut tidak harus melalui FKTP.

Bermanfaat sekali karena kami pun nantinya bisa mengarahkan peserta ke aplikasi tersebut untuk memperoleh informasi mendalam termasuk jika mereka memang membutuhkan perubahan data. Jadi mereka bisa lebih mudah mengakses pelayanan tanpa harus datang secara fisik ke FKTP,” ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved