Breaking News:

PAM JAYA Sosialisasikan Pemberlakuan Tarif Baru untuk Warga Kepulauan Seribu

Pelaksanaan sosialisasi tersebut dilakukan pada 30 – 31 Agustus 2021 di aula kelurahan Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Tidung.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. PAM Jaya
PAM Jaya melakukan sosialisasi pemberlakuan tarif baru untuk masyarakat Kepulauan Seribu di aula kelurahan Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Tidung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — PAM Jaya sebagai BUMD Pemprov DKI Jakarta yang mengelola air minum perpipaan Jakarta melakukan sosialisasi pemberlakuan tarif baru untuk masyarakat Kepulauan Seribu.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut dilakukan pada 30 – 31 Agustus 2021 di aula kelurahan Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Tidung.

Warga yang menjadi peserta sosialisasi adalah pelanggan PAM Jaya di Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, Pulau Tidung dan Pulau Payung.

Tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat Kepulauan Seribu tentang pemberlakuan tarif air baru untuk pelanggan di Kepulauan Seribu sesuai dengan Peraturan Gubernur nomor 57 Tahun 2021 yang diterbitkan tanggal 2 Agustus 2021.

Sebelumnya, tarif air minum perpipaan di Kepulauan Seribu diberlakukan berdasarkan Pergub 34 tahun 2018.

Sebagai bagian dari keberpihakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menjalankan amanat Negara menjamin hak rakyat atas air guna memenuhi kebutuhan pokok minimal sehari-hari, maka dilakukan penyesuaian tarif dan dituangkan melalui Peraturan Gubernur nomor 57 tahun 2021 yang memberikan “harga sama dan setara” untuk kebutuhan pokok minimal warga di DKI Jakarta.

Kebijakan tarif baru ini merupakan salah satu upaya memberikan kesetaraan pelayanan air minum baik di daratan Jakarta maupun di Kepulauan Seribu.

Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo menjelaskan bahwa terdapat 7 kelompok tarif golongan pemakaian air yang berlaku di Jakarta, dan tarif Kepulauan Seribu masuk ke dalam kelompok tarif pelayanan khusus.

Pada Pergub 34 Tahun 2018 tarif untuk pemakaian 0-3 m3 pada kelompok tariff sosial di Kepulauan Seribu sebesar Rp. 25.000 per m3, kelompok tarif rumah tangga sebesar Rp. 32.000 per m3, kelompok tarif tertinggi sebesar Rp. 35.000 per m3.

Di Pergub 57 Tahun 2021, tarif pemakaian 0-3 m3 diubah dan disetarakan dengan tarif pemakaian minimum di Jakarta yakni pada kelompok tarif sosial di Kepulauan Seribu menjadi Rp. 1.050 per m3 dan untuk kelompok tarif tertinggi, dalam hal ini kegiatan komersial, sebesar Rp. 12.550 per m3.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved