Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

Penyandang Disabilitas Depok Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19, Jenis Vaksin Disesuaikan Dengan Usia 

Pemkot Depok mulai melakukan vaksinasi bagi para penyandang disabilitas. Vaksinasi dilakukan di Puskesmas dan haru daftar dulu.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dodi Hasanuddin
Warta Kota/Rizki Amana
Ilustrasi, Penyandang Disabilitas Depok Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19, Jenis Vaksin Disesuaikan Dengan Usia  

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Penyandang disabilitas Kota Depok mulai jalani vaksinasi Covid-19, jenis vaksin disesuaikan dengan usia.

Tak hanya bagi wanita hamil, Pemerintah Kota Depok juga memulai proses vaksinasi bagi para warga penyandang disabilitas demi mengejar herd immunity atau kekebalan komunal Covid-19.

Bagi warga disabilitas yang ingin melakukan vaksinasi bisa mendatangi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok Umi Zakiati mengatakan, vaksinasi untuk disabilitas sudah disiapkan oleh UPTD Puskesmas. 

Baca juga: Penertiban Lahan UIII Depok Tahap II Rampung Lampaui Target, Ini Kata Kuasa Hukum Kemenag RI

Namun, dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal masing-masing peserta vaksin.

“Disabilitas yang ingin divaksin sudah disiapkan di Puskesmas, tapi harus melakukan pendaftaran lebih dulu sesuai dengan link masing-masing,” paparnya saat dikonfirmasi Warta Kota, Jumat (27/8/2021).

Semua persyaratan yang harus diikuti tak ada perbedaan yakni ber-KTP atau domisili di Kota Depok, dalam kondisi sehat serta tidak terkonfirmasi Covid-19 kurun waktu tiga bulan terakhir.

Baca juga: Jalan Grand Depok City Mulai Diperbaiki Pemkot Depok, Warga Diminta Cari Jalur Alternatif

Umi mengatakan, untuk disabilitas ada perbedaan jenis usia yang menentukan vaksin apa yang akan disuntukan.

Yakni mereka yang berusia 12-17 tahun menggunakan vaksin Sinovac. Sedangkan usia 18 tahun ke atas menggunakan vaksin Sinopharm.

Dikatakan Umi, selama ini Dinkes Kota Depok telah memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warga disabilitas dalam berbagai kesempatan

Di antaranya pada vaksinasi massal di Kecamatan Cilodong dan melalui beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Juga sudah dilakukan di sejumlah UPTD Puskesmas. Serta Rumah Sakit Bhayangkara Brimob yang khusus memberikan vaksinasi Covid-19 untuk disabilitas,” ujarnya.

Sementara itu, hingga Kamis (26/8/2021) wanita hamil yang telah menerima vaksinasi di Kota Depok berjumlah 120 orang.

Jumlah ini pastinya akan terus bertambah dengan adanya ketentuan khusus yang diberikan khusus kepada ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 12 minggu.

 
 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved