Breaking News:

Virus Corona Jakarta

Jikal Level PPKM di Jakarta Turun, Ada Kemungkinan Ruas Jalan yang Masuk Ganjil Genap Bisa Dikurangi

Ganjil genap selama PPKM Level 4 akan dievaluasi secara berkala oleh pemangku terkait yakni Polisi hingga Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

ntmcpolri.info
Kebijakan ganjil genap diberlakukan sejak 12 Agustus 2021 sebagai pengganti sistem penyekatan 100 titik di wilayah Jabodetabek. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di wilayah Jakarta berakhir hari ini 23 Agustus 2021. 

Seperti biasa, perpanjangan yang dilakukan di tiap pekan itu juga akan mengevaluasi beberapa poin aturan tiap minggunya termasuk kebijakan ganjil genap.

Terkait hal ini, ganjil genap selama PPKM Level 4 akan dievaluasi secara berkala oleh pemangku terkait yakni Polisi hingga Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, kelanjutan kebijakan ganjil-genap masih menunggu evaluasi dari pihak terkait.

Bahkan, bila terdapat penurunan level PPKM di Jakarta, mungkin ruas jalan yang masuk dalam kebijakan ganjil genap bisa dikurangi.

“Kalau ternyata PPKM levelnya turun atau kemudian ada yang lain, bisa saja nanti ganjil-genap dari 8 ruas jalan, nanti dikurangi,” ujar Sambodo, dikutip dari laman NTMC Polri (23/8/2021).

Baca juga: Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil Genap. Ariza: Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas dan Batasi Mobilitas

Baca juga: Pemprov DKI Dukung Ditlantas Beri Sanksi Tilang Bagi yang Melanggar Ganjil Genap

Meski demikan, kebijakan ganjil genap di Jakarta selama ini terbukti efektif mengurangi tingkat mobilitas kendaraan dalam pengendalian penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, sistem ganjil-genap bisa juga diperketat atau ditambah jumlah ruas jalannya apabila terjadi pengetatan level PPKM.

Sambodo mengatakan bahwa langkah tersebut akan diputuskan Polda Metro Jaya ketika pemerintah telah memutuskan perkembangan terbaru mengenai pelaksanaan PPKM darurat.

“Nanti kita lihat tanggal 23 Agustus berdasarkan aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah,” tutup Sambodo.

Baca juga: BPTJ Terbitkan Stiker Khusus Taksi Online di Jabodetabek, Aturan Ganjil-Genap Bisa Tetap Melintas

Seperti diketahui, kebijakan ganjil-genap diberlakukan sejak 12 Agustus sebagai pengganti sistem penyekatan 100 titik di wilayah Jabodetabek.

Apabila kembali diperpanjang, sistem ganjil-genap sudah mengalami tiga kali perpanjangan selama penerapan PPKM Level 4. (Fandi Permana)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved