Breaking News:

Virus Corona

Erick Thohir Dukung Ide Bobby Nasution yang Menjadikan Kapal Laut Sebagai Fasilitas Isoter

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung ide Wali Kota Medan Bobby Nasution yang ingin menjadikan kapal laut sebagai tempat isoter.

Editor: Valentino Verry
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Menteri BUMN, Erick Thohir, mendukung usul Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang ingin menjadikan kapal laut sebagai isoter bagi pasien Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terus Dorong Kolaborasi Pemerintah-BUMN Demi Tuntaskan Pandemi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan, percepatan penanganan Covid-19 membutuhkan kolaborasi solid, baik dari pemerintah dan perusahaan BUMN.

Hal tersebut dikatakan Erick merespons adanya inovasi berupa penyediaan fasilitas isolasi mandiri terapung (isoter) di atas kapal laut yang bersandar di pelabuhan.

Baca juga: Jakmania Janji Patuhi Aturan Nonton dari Rumah saat Persija Jakarta Berlaga di Liga 1

Kapal yang dimaksud adalah KM (Kapal Motor) Bukit Raya milik PT Pelayaran Indonesia, yang digunakan sebagai sarana isoter pasien Covid-19 Kota Medan di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Sementara itu, Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia I.

"Penyediaan sarana isolasi terapung yang kedua, setelah di Makassar ini, menunjukkan bahwa kami, pemerintah dan perusahaan BUMN siap melakukan dan menyediakan segala hal dalam upaya meringankan beban rakyat, terutama bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Medan,” ucap Erick dalam keterangannya, Minggu (22/8/2021).

“Ini langkah inovasi dan bukti kehadiran pemerintah yang bisa dilakukan di daerah lain yang butuh ruang isolasi dalam jumlah besar," sambungnya.

Fasilitas sarana yang terdapat pada kapal isoter tersebut, disiapkan oleh Pemerintah Kota Medan.

Baca juga: Petugas SUGBK tak Terapkan Prokes Ketat pada Pengunjung yang Berolahraga

Fasilitas tersebut seperti tempat tidur yang berjumlah 450 unit untuk pasien, dan 13 unit untuk tenaga kesehatan.

Direncanakan, fasilitas isoter ini akan difungsikan untuk waktu lama oleh Pemkot Medan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya Medan Utara.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved