Breaking News:

Sport

Hindari Konflik di Negaranya, Pemain Timnas Afghanistan U-17 Zaki Anwari Tewas Jatuh dari Pesawat AS

Pemain Timnas Afghanistan U-17, Zaki Anwari, meninggal dunia karena konflik di negaranya.

Editor: Sigit Nugroho
FIFpro
Pemain timnas U-17 Afghanistan, Zaki Anwari. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemain Timnas Afghanistan U-17, Zaki Anwari, meninggal dunia karena konflik di negaranya.

Kabar tewasnya Zaki disampaikan langsung oleh FIFPro pada Kamis (19/8/2021) waktu setempat.

FIFPRO adalah semacam serikat pemain sepak bola seluruh dunia yang didukung pesepak bola top seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

"Belasungkawa terdalam kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan satu tim dari pemain muda tim nasional Afghanistan Zaki Anwari, yang dilaporkan meninggal setelah jatuh dari pesawat AS di Bandara Kabul pada hari Senin," dikutip BolaSport dari Twitter FIFPRO.

"Zaki Anwari, sayangnya, adalah kematian pertama yang diketahui dari komunitas sepak bola di tengah krisis yang sedang berlangsung ini, namun masih banyak atlet dan pesepakbola lain yang kami yakini berisiko di Afghanistan," tulis FIFPRO.

"Sebagai lembaga aktivis, kami sangat prihatin dengan para atlet yang selama bertahun-tahun telah menjadi pembela hak asasi manusia yang lebih baik di negara ini," tulis FIFPRO.

Baca juga: Dunia Terguncang Saksikan Pemain Timnas Afghanistan Tewas Terjatuh dari Pesawat Militer di Kabul

Baca juga: Mengenal Sosok Wali Kota Wanita Termuda Afghanistan, Siap Mati Bila Dibunuh Taliban

Baca juga: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Dapat Perlindungan di UEA, Bantah Bawa Kabur Rp 2,4 T

"Selama beberapa hari terakhir, FIFPRO telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menetapkan rencana evakuasi bagi atlet yang berisiko. Inti dari upaya penyelamatan ini, adalah ambisi untuk membawa sebanyak mungkin orang ke tempat yang aman," tulis FIFPRO.

Seperti dilansir dari Al Jazeera, ribuan warga Afghanistan berbondong-bondong menyerbu Bandara Internasional Hamid Karzai (HKIA), Kabul, Senin (16/8/2021).

Mereka berupaya untuk melarikan diri dari negara itu, menyusul serangan kilat Taliban yang berhasil mengambil alih kekuasaan ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri.

Ratusan orang yang tidak kebagian kursi nekat memegangi pesawat militer Amerika Serikat sambil berlari-larian.

Adapun Zaki Anwar merupakan satu dari segelintir korban yang jatuh dari pesawat.

Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan mengonfirmasi kematian Zaki Anwari dalam kekacauan yang meletus di bandara di Kabul.

“Anwari, seperti ribuan pemuda Afghanistan, ingin meninggalkan negara itu tetapi jatuh dari pesawat AS dan meninggal,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang di-posting di Facebook pada Kamis (19/8/2021).

Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved