Vaksinasi Covid19

Yulia yang Tengah Hamil Merasa Ngantuk Setelah Divaksin Covid-19

Pemkot Tangerang mulai menggelar vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. Hal ini untuk mencapai herd immunity bagi warga Kota Tangerang.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Andika Panduwinata
Yulia Putri yang tengah hamil ikut bagian pada program vaksinasi Covid-19. Dia pun merasa ngantuk setelah disuntuk vaksin, Kamis (19/8/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Yulia Putri (18) datang ke Puskesmas Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Kamis (19/8/2021) pagi.

Wanita yang mengandung 28 Minggu itu mengikuti program vaksinasi untuk ibu hamil yang digelar oleh Pemerintahan Kota Tangerang.

"Saya dapat kabarnya dari Pak RT, kemudian cari informasi ke bidan Puskesmas. Dan hari ini ikut vaksin," ujar Yulia saat dijumpai Warta Kota di Puskesmas Tanah Tinggi.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Barat Bantah Video Viral yang Diduga Oknum Aparat Cekcok di Jalan Latumenten

Dirinya pun melakukan berbagai persiapan untuk divaksin, seperti sarapan dan istirahat yang cukup.

"Hamil 28 Minggu, tadi pagi sarapan dulu. Pola tidur teratur," ucapnya.

Warga Jalan Melati, Tanah Tinggi ini mengungkapkan alasannya mengikuti vaksinasi. Yulia pun tak merasa takut atau deg-degkan.

"Saya vaksin biar gampang kalau mau ngurus apa-apa nanti," kata Yulia.

Menurutnya, tak ada efek yang siginifikan setelah disuntik vaksin. Dia mengaku merasa baik-baik saja.

"Cuma kelamaan jadi ngantuk efeknya, mungkin memang lagi hamil," ungkapnya. 

Baca juga: Pelaku Usaha dan Karyawan Toko Sambut Gembira Dibukanya Kembali PGC Cikarang

Pemerintah Kota Tangerang mulai melakukan kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil di 38 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah meninjau langsung jalannya vaksinasi bagi ibu hamil dengan usia kehamilan mulai 13 hingga 33 Minggu.

"Target awalnya 3.157 orang untuk se-Kota Tangerang," ujar Arief usai meninjau vaksinasi Puskesmas Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci.

Untuk langkah ke depan, lanjut Arief, pemkot akan bekerja sama dengan 33 rumah sakit di Kota Tangerang untuk menjadi sentra vaksinasi bagi ibu hamil, selain puskesmas dan juga RSUD Kota Tangerang.

"Jika dilihat berdasarkan angka kelahiran, terdapat lebih dari 38 ribu bayi yang lahir dalam satu tahun. Tentunya untuk mempercepat proses vaksinasi bagi ibu hamil," ucapnya.

"Untuk pendaftaran dilakukan secara online dan dibantu oleh kader posyandu," imbuhnya.

Baca juga: Dukung Imunitas Pasien Isoman, PT Deltomed Laboratories Bagikan Paket Produk Kesehatan Herbal Alami

Lebih lanjut Wali Kota mengimbau agar ibu hamil di Kota Tangerang mau untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 demi mencegah terjadinya kematian ibu hamil serta perburukan kondisi karena terjangkit Covid-19.

"Secara nasional angka kematian ibu hamil sebanyak 352 dan di Kota Tangerang ada 5 kematian ibu hamil karena Covid-19," ungkap Arief.

Pendaftaran vaksinasi bagi hamil di Kota Tangerang dapat dilakukan melalui laman www.vaksinasi.tangerangkota.go.id dengan usia kehamilan antara 13 hingga 33 minggu.

"Vaksinasi akan ditunda jika usia kehamilan di bawah 13 Minggu," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved