Breaking News:

Virus Corona

Vaksin Moderna Disalurkan ke DKI Sebanyak 120.000 Dosis untuk Masyarakat Umum,Ini Syarat Dapatkannya

Vaksin jenis moderna diperuntukkan untuk warga yang tidak dapat menerima vaksin jenis Sinovas maupun Astrazeneca dengan alasan kesehatan. 

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Mohamad Yusuf
Warta Kota/Miftahul Munir
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan vaksin jenis moderna akan diberikan kepada warga yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan vaksin jenis moderna akan diberikan kepada warga yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Selain itu, Widyastuti juga menjelaskan, vaksin jenis moderna diperuntukkan untuk warga yang tidak dapat menerima vaksin jenis Sinovas maupun Astrazeneca dengan alasan kesehatan. 

“Kriterianya yang jelas adalah harus sebagai dosis pertama. Kemudian bagi mereka yang tidak bisa mendapatkan vaksin jenis Sinovac atau Astrazeneca,” ucap Widyastuti saat ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (18/8/2021) siang. 

Baca juga: Ungkap Bahaya Pencetakan Kartu Sertifikat Vaksin, Pakar Keamanan Siber Minta Pemerintah Turun Tangan

Baca juga: CATAT! Ganjil Genap di Jakarta Diberlakukan Lagi Mulai Hari Kamis Ini, Berikut Lokasi dan Waktunya

Baca juga: Tas Youtuber Doni Salmanan Hilang, Janjikan Rp100 Juta Bagi yang Menemukan, Memang Apa Isinya?

Lebih lanjut, Kata Widyastuti, penyutikkan vaksin jenis moderna di wilayah DKI Jakarta diutamakan untuk warga DKI yang memiliki sakit tertentu atau menerima pengobatan jangka panjang sehingga kekuatan atau kemampuan untuk menghasilkan antibodi relatif lebih rendah.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menerima 120.000 dosis vaksin jenis moderna dari Kementerian Kesehatan.

“Kami sudah bagikan ke 35 rumah sakit sesuai dengan kuota dan tentu kita prioritaskan yang kebetulan mempunyai pelayanan pasien autoimun,” ucap Widyastuti.

Widyastuti menjelaskan, vaksin jenis Moderna harus segera digunakan karena memiliki masa kadaluarsa yang lebih singkat jika sudah dikeluarkan dari rantai dingin.

Baca juga: Jika Sudah Dosis Pertama Lalu Terpapar Covid-19, Apakah Perlu Vaksin Ulang? Ini Penjelasannya

Baca juga: Ibu Hamil Sudah Bisa Divaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga yang Tidak Punya NIK

Rantai dingin adalah proses menjaga suhu vaskin di kondisi idealnya sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal sampai pelaksanaan vaksinasi.

Masih menurut Widyastuti, vaksin jenis moderna sedikit berbeda dengan vaksin jenis Sinovac ataupun Astrazeneca. 

“Untuk rantai dinginnya, kalau vaksin Sinovac dan Astrazeneca itu di suhu 2-8° celcius. Sedangkan vaksin Moderna meskipun masa kedaluwarsanya November di simpan dalam suhu -15° celcius -25° celcius kalau sudah dikeluarkan dari rantai dingin, misalnya di suhu 2 -8° celcius itu hanya tahan sampai 1 bulan,” pungkas Wisyastuti.

Simak syarat mendapatkan vaksin Moderna:

(m29)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved