Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Sudin Kesehatan Jakarta Pusat Mulai Berikan Vaksin Moderna untuk Penderita Komorbid Berat

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat mulai menyiapkan vaksin moderna kepada masyarakat umum di sejumlah fasilitas kesehatan.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
reuters/dailymail.co.uk
Ilustrasi vaksin Moderna - Warga ibu kota yang memiliki komorbid berat bisa ikut vaksin Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM,JAKARTA - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat mulai menyiapkan vaksin moderna kepada masyarakat umum di sejumlah fasilitas kesehatan.

Vaksin merek Moderna ini diberikan bagi masyarakat yang memiliki komorbid berat.

Baca juga: Kabareskrim: Bapak Presiden Tidak Berkenan Bila Polisi Responsif Terhadap Kritik

Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan pemberian vaksin moderna kepada masyarakat umum di Jakarta Pusat saat ini pun juga sudah mulai berjalan.

"Ya pertama vaksin Moderna ini diberikan untuk Nakes. Nakes yang sudah tercantum SISDMK artinya Nakes yang sudah mendapatkan dua dosis sebelumnya dan dilanjutkan bosster Moderna, kedua yaitu Moderna bisa untuk masyarakat umum," kata Erizon, Kamis (19/8/2021).

Dikatakan Erizon untuk vaksin Moderna bagi masyarakat umum memang berbeda seperti vaksin bosster untuk tenaga kesehatan.

Jika tengah kesehatan hanya diberikan satu kali, maka untuk masyarakat umum akan mendapatkan dua dosis vaksin Moderna.

Hanya saja, pemberian vaksin Moderna untuk masyarakat umum ini hanya mereka yang termasuk dalam kelompok dengan kondisi immunocompromised seperti ganguan autoimun, penderita kanker, gagal ginjal, dan lain-lain yang termasuk komorbid berat.

Baca juga: Sejak 12 Agustus 2021, Densus 88 Sudah Ciduk 53 Tersangka Teroris

"Jadi masyarakat umum yang mendapatkan vaksin Moderna ini mereka yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca contohnya Autoimun atau komorbid berat," katanya.

Bagi masyarakat yang masuk dalam kelompok yang memiliki kondisi immunocompromised itu.

Maka bisa melakukan vaksinasi dengan menggunakan vaksin moderna di beberapa fasilitas kesehatan dengan membawa keterangan dokter terkait persetujuan vaksin Moderna.

Untuk di Jakarta Pusat, dikatakan Erizon ada beberapa fasilitas kesehatan yang sudah mulai menjalani penyuntikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum diantaranya RSCM, RSPAD Gatot Subroto, RS St Carolus, RS Abdi Waluyo,

Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai Balaikota DKI Jakarta, RSUD Tarakan, dan Puskesmas Menteng.

Baca juga: Vaksin Moderna Disalurkan ke DKI Sebanyak 120.000 Dosis untuk Masyarakat Umum,Ini Syarat Dapatkannya

"Yang jelas untuk di Jakarta Pusat ini fasilitas kesehatan yang sudah mulai melakukan penyuntikan yaitu di Puskesmas Menteng, nanti sentra lainnya itu akan menyusul kesiapan lebih lanjut," ujarnya.

Menurut Erizon, proses screening vaksin Moderna untuk masyarakat umum pun juga tidak berbeda dengan proses screening pemberian vaksin Sinovac maupun AstraZeneca. Sehingga ia memastikan tidak ada perlakuan khusus bagi penerima vaksin Moderna.

"Perlakuan sama saja. Screening pun juga sama, alurnya juga sama. Yang membedakan hanya jenis vaksin saja. Mereka juga mendapatkan dua kali suntikan, nah kalo bosster kan baru cuma sekali saja," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved