Breaking News:

UMKM

Peringati Hari UMKM Nasional, 500 UMKM Meriahkan Festival UMKM #BangkitWirausaha

Sebanyak 500 UMKM ikut memeriahkan Festival UMKM #BangkitWirausaha yang digelar pada 18-22 Agustus 2021 dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Festival UMKM #BangkitWirausaha yang digelar pada 18-22 Agustus 2021 dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebanyak 500 UMKM ikut memeriahkan Festival UMKM #BangkitWirausaha yang digelar pada 18-22 Agustus 2021 dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik festival yang diinisiasi Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bersama dengan PT HM Sampoerna Tbk. tersebut. 

Baca juga: Angelina Tetap Bersyukur saat Insentif Sebagai Nakes di RSUD Kabupaten Tangerang Tersendat

“Kehadiran Festival UMKM #BangkitWirausaha memberikan energi positif bagi UMKM untuk mampu bangkit dan meningkatkan daya saing,” ucap Riza, lewat keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021). 

Festival ini mengenalkan cita-rasa dan produk kreatif dari UMKM binaan INOTEK dan Sampoerna dan diharapkan terjadi transaksi optimal untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada INOTEK dan Sampoerna yang telah berupaya mendukung pemerintah mewujudkan UMKM tangguh dan kuat untuk bersama bangkit di masa sulit ini,” kata Riza.

Baca juga: Pemprov DKI Buka 30 Unit Tambahan DP Nol Rupiah Apartemen Sentraland Cengkareng, Ini Cara Daftarnya

Sementara Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan UMKM menyumbang lebih dari 60% PDB dan saat ini menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Dukungan yang diberikan kepada UMKM tidak hanya sekadar bertahan melalui pandemi, tapi juga meraih sukses di pasar domestik hingga bahkan bisa menembus pasar internasional,” tuturnya. 

Ketua Dewan Pengurus INOTEK, Indra Uno mengatakan sebagai inkubator bisnis yang memberikan dukungan kepada UMKM, pihaknya mendorong UMKM supaya memiliki daya saing. 

“Dengan hilirisasi produk-produk UMKM binaan sebagai pendorong pergerakan ekonomi melalui Festival UMKM #BangkitWirausaha untuk memasarkan produk unggulannya,” ujar Indra. 

Baca juga: Kapolres Metro Jakarta Barat Ungkap Keberhasilan Gelar Vaksinasi Merdeka pada 240.000 Warga

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat menyampaikan melalui program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia pihaknya berkomitmen mendukung UMKM

“Kami berkomitmen bersama para pemangku kepentingan dan mitra strategis mendukung pertumbuhan UMKM melalui program Build Back National Economy Better (BBNEB), terlebih untuk menyikapi tantangan pandemi Covid-19,” ujarnya. 

Program BBNEB dirancang mendukung pemulihan ekonomi masyarakat dengan pendampingan bagi UMKM beradaptasi di tengah keterbatasan gerak usaha akibat pembatasan sosial yang berlaku.

Adapun Festival UMKM ini didukung Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Standarisasi Nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov DKI Jakarta, dan Pemda Kabupaten Karawang.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved