Covid19

Penuhi Seruan Mensos Risma, Pemkot Bekasi Akan Lakukan Pendataan Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Kementerian Sosial RI akan mempergunakan data tersebut untuk dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan keluarga

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Pemerintah kota (Pemkot) Bekasi tengah mengupayakan pendataan terhadap anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI --- Pemerintah kota (Pemkot) Bekasi tengah mengupayakan pendataan terhadap anak yatim piatu karena orangtuanya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

"Pada saat ini saya tengah menginstruksikan lebih lanjut kepada jajaran dinas-dinas terkait seperti Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta jajaran aparatur lainnya untuk menghimpun pendataan tersebut, yang nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian Sosial," ucap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Melalui Siaran Pers Humas Kota Bekasi, Rabu (18/08/21).

Kemudian, kata dia, selain dirinya menginstruksikan kepada jajaran dinas terkait untuk melakukan pendataan terhadap anak yatim piatu.

Pihaknya juga bersedia menerima laporan pendataan dari warga masyarakat itu sendiri yang disampaikan kepada pihak kecamatan/kelurahan se-Kota Bekasi.

"Sebab hal itu menindaklanjuti dari pada Surat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini kepada Bupati/Wali Kota Se-Indonesia mengenai pendataan anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, Surat Mensos RI Nomor: S-236/MS/C/HK 01/8/2021 tanggal 9 Agustus 2021," jelasnya.

Ia melanjutkan, melalui surat yang berikan kepada para Bupati dan Wali Kota se-Indonesia tersebut, Kemensos membutuhkan data anak yatim atau piatu dan keduanya (yatim piatu) karena orangtuanya meninggal terkonfirmasi Covid-19.

"Apabila pendataan itu sudah dilakukan, Kementerian Sosial RI akan mempergunakan data tersebut untuk dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan keluarga," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi Tanti Rohilawati menyampaikan bahwa ia bersama pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut kepada Dinas Sosial mengenai pendataan terhadap anak yatim piatu.

"Saat ini mengenai data tentang anak yatim piatu tersebut belum kita datakan, tetapi kita akan koordinasi kembali terhadap hal itu kepada Dinsos. Sebab data anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal dunia karna Covid-19 itu memang harus ada juga mengenai datanya," ujarnya  kepada wartakota, beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Mudahkan Masyarakat Masuk Mal Disperindag Kota Bekasi Minta Pusat Perbelanjaan Buka Gerai Vaksinasi

Baca juga: Sudah Vaksin Tapi Belum Punya Aplikasi PeduliLindungi, Pengunjung Tak Bisa Masuk Mal SGC Cikarang

 

 
 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved