Breaking News:

Berita Nasional

Pengembangan Ekonomi Digital, Sandiaga Uno: Buka Lapangan Kerja & Ciptakan Peluang Menjadi Pemenang

Pengembangan Ekonomi Digital, Sandiaga Uno: Buka Lapangan Kerja dan Ciptakan Peluang Usaha Menjadi Pemenang

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Walau pandemi covid-19 memicu resesi ekonomi hingga berdampak negatif terhadap masyarakat, terdapat sejumlah damapk baik yang dihasilkan.

Lewat inovasi, khususnya pengembangan ekonomi digital, peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja sangat mungkin terjadi pada masa pandemi covid-19.

Optimisme tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Seminar Nasional yang digelar Universitas Mercubuana secara virtual pada Rabu (18/8/2021).

Dalam acara bertajuk 'Strategi Penciptaan Inovasi dan Kesempatan Kerja di Era Disrupsi' itu, Sandiaga Uno memaparkan sejumlah hal yang dipicu pandemi covid-19.

Di antaranya adalah perkembangan ekonomi digital, mulai dari pengembangan aplikasi, permainan online, pertemuan hingga bisnis online atau e-commerce yang bertumbuh hingga 80 persen sejak covid-19 mewabah di Indonesia.

Hal tersebut ditunjukkannya lewat seminar yang dihadiri lebih dari 3.000 orang itu.

Menurutnya, penggunaan aplikasi pertemuan online, seperti Zoom memudahkan setiap orang untuk hadir tanpa terbatas jarak dan ruang.

Baca juga: Pencabutan Izin Hotel G2, Disparekraf DKI Jakarta Tunggu Hasil Penyelidikan Polisi

Baca juga: Kasus Dugaan Prostitusi Hotel G2, Plt Wali Kota Jakarta Selatan: Tidak Kita Tolerir

Baca juga: Tidak Kunjung Jera, Hotel G2 Kembali Tawarkan Belasan Terapis Siap Dibooking di Tengah Masa PPKM

Penggunaan aplikasi pun diakuinya menambah kualitas seminar, di antaranya memudahkan presentasi lewat file, foto maupun video hingga komunikasi antara pembicara dengan peserta.

"Pandemi mengakibatkan efisiensi, bayangkan lebih dari 3.000 orang mengikuti acara ini dengan kualitas seperti ini (baik), bahwa interaksinya ini bisa one on one. Ini adalah kualitas dari interaksi yang timbul akibat pandemi," ungkap Sandiaga Uno.

"Bagaimana kita melihat adaptasi dan inovasi menghasilkan kemampuan-kemampuan kita yang sebelum pandemi belum bisa kita optimalisasi," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved