Mal di Depok Beroperasi Kembali, Pengelola: Sempat Mati Suri, Sekarang Bisa Bernapas Lega

Kebijakan tersebut berlaku mulai 17 Agustus 2021 atau tepatnya pada Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Murtopo
depoktourism.blogspot.com
Mal Margo City, Depok. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Setelah digempur pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat awal bulan lalu, kini para pengelola maupun tenan di pusat perbelanjaan Kota Depok boleh sedikit lega.

Pasalnya, pada perpanjangan PPKM Level 4 ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait diperbolehkannya pusat perbelanjaan beroperasi kembali.

Aturan tersebut berdasarkan surat instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 34 Tahun 2021 disebut sejumlah lokasi diperbolehkan membuka kembali mall salah satunya Kota Depok

Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi para pengelola pusat perbelanjaan di antaranya jumlah pengunjung dibatasi hanya 50 persen dari total kapasitas, serta beroperasi mulai pukul 10.00-20.00 WIB dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kedapatan Melanggar Aturan PPKM Level 4, Satpol PP Bubarkan Paksa Empat Kegiatan Warga di Kota Depok

Baca juga: Kado HUT RI ke-76, Sebanyak 707 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Depok Dapat Remisi

Kebijakan tersebut berlaku mulai 17 Agustus 2021 atau tepatnya pada Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Kota Depok Sutikno Pariyoto menyambut baik Inmendagri yang memperbolehkan mal dibuka kembali. 

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Depok Town Square (Detos) mengatakan aturan ketat diberlakukan terhadap 12 mal yang ada di Kota Depok saat ini.

Baca juga: Pemkot Depok Akan Terbitkan Peraturan Wali Kota Tentang Baju Pramuka Sebagai Pakaian Dinas ASN

Baca juga: 3.463 Warga Depok Terima Kartu Keluarga Sejahtera dari Kemensos RI, Dapat Uang Rp 200.000 Per Bulan

Baca juga: Kabar Gembira buat Warga Depok Pengguna KRL, Tahun Depan Stasiun Pondok Rajeg Beroperasional Lagi

"Aturan yang wajib dilakukan semua pegawai dan pengunjung yang masuk mal harus mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Lalu diwajibkan sudah vaksin, minimal  dosis 1 jika ingin masuk mal,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/8/2021).

Sutikno pun meminta seluruh karyawan maupun pengunjung untuk tetap mematuhi aturan khususnya mengenai protokol kesehatan selama berada di dalam area mal.

Dengan diperbolehkannya operasional mal, Sutikno berharap hal ini dapat memulihkan kondisi ekonomi khususnya di Kota Depok

"Sebelumnya sempat mati suri dan banyak para karyawan tenan dirumahkan akibat tidak beroperasi mall di PPKM Darurat. Sekarang kita semua dapat bernapas lega,"

"Harapannya segera kembali normal roda ekonomi sehingga tidak semakin banyak karyawan yang diberhentikan karena selama mal tutup cukup banyak terjadi pengurangan karyawan,” pungkasnya. 

Baca juga: Pemkot Depok Targetkan 6.300 Warga Disuntik Vaksin Covid-19 Melalui Program Vaksinasi Jemput Warga

Sementara itu, Deputy GM Margo City Christanto Nasution mengatakan pihaknya telah mengikuti aturan sesuai instruksi Mendagri terkait pusat perbelanjaan.

Diantaranya adalah dengan vaksinasi karyawan dan tenan serta penyediaan alat protokol kesehatan di tiap sudut mal. 

"Sudah sesuai instruksi seluruh pengunjung mall wajib sudah divaksin dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi tanpa terkecuali baik karyawan, tenant, pengunjung ataupun kontraktor, sama," tandasnya.

Pada hari pertama dibukanya kembali pusat perbelanjaan, Chris mengaku antusiasme pengunjung cukup tinggi. Terbukti baru tiga jam sejak pertama kali di buka, kunjungan sudah menyentuh angka 1.000 orang.

"Meski antusias warga tinggi kita tetap terapkan protokol kesehatan sangat ketat. Dan mulai dari pukul 10.00 WIB sd 13.00 WIB kemarin, sudah ada di 995 orang  sampai mall tutup sehari tembus 1.100 orang," akunya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved