Berita Tangerang

Gelar Lomba Cerdas Cermat di Ruangan, Panitia 17-an Ingin Anak-anak Kembali Rasakan Suasana Sekolah

Dengan berdiskusi bersama teman satu tim saat menjawab soal, hal ini dinilai Bulan dapat menghidupkan kembali gairah anak-anak dalam belajar. 

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Suasana lomba 17 Agustus didalam ruangan yang diselenggarakan RW 07 Tanah Tinggi, Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG --- Warga RW 07 Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, menyelenggarakan perlombaan 17 Agustus secara indoor atau di dalam ruangan. 

Perlombaan yang dilakukan di dalam ruangan ini dikhususkan bagi anak berusia dibawah 15 tahun yakni dengan mengadakan lomba cerdas cermat tentang pengetahuan tingkat SD dan SMP.

Panitia Lomba, Bulan, mengungkapkan, pemilihan jenis lomba cerdas cermat tersebut ditetapkan agar anak-anak yang berada di wilayah RW 07 dapat kembali merasakan suasana belajar tatap muka dengan bertemu teman-teman mereka.

Dengan berdiskusi bersama teman satu tim saat menjawab soal, hal ini dinilai Bulan dapat menghidupkan kembali gairah anak-anak dalam belajar. 

"Sejak pandemi Covid-19 muncul, anak-anak ini sudah lebih dari satu tahun belajar dari rumah. Untuk itu kami mahasiswa yang sedang KKN di wilayah ini mencoba memberi masukan baru, dan syukurnya disambut baik sama pak RW dan warga lainnya," ujar Bulan saat diwawancarai Wartakotive.com, Selasa(17/8/2021).

Lebih lanjut Bulan menjelaskan, soal-soal yang disajikan berhubungan dengan materi pembelajaran di sekolah.

Yakni, materi tentang Kewarganegaraan, Sosial Budaya dan Matematika.

Lalu, para peserta juga diwajibkan memakai seragam saat mengikuti lomba, agar suasana belajar saat didalam kelas semakin terasa.

"Peserta lomba cerdas cermat ini, kami wajibkan untuk memakai seragam sekolah, biar mereka merasakan lagi kehangatan belajar di dalam kelas itu seperti apa," katanya.

"Untuk soal pastinya kami acak, mulai dari pelajaran SD sampai SMP. Supaya mereka mengetahui siapa pemimpin ataupun situasi yang berada di lingkungan mereka," lanjut Bulan.

Melalui pantauan Wartakotalive.com, para peserta lomba menggunakan seragam sekolah masing-masing saat mengikuti lomba cerdas cermat tersebut.

Sebuah tv digunakan sebagai layar proyektor yang menampilkan setiap soal yang diberikan kepada peserta  lomba.

Selain peserta, seluruh pantia lomba juga serempak menggunakan seragam berwarna biru.

Beberapa dari mereka bertugas sebagai pembawa acara lomba, juri, operator layar, dan sebagian lainnya bertugas mengawasi penonton yang datang agar tidak berkerumun.

Dalam setiap perlombaan bagi menjadi empat kelompok, yang mana dalam satu kelompok diikuti oleh tiga orang peserta campuran siswa SD dan SMP.

Terlihat ekspresi bahagia dari para peserta saat berhasil menjawab pertanyaan tentang pengetahuan umum tersebut.

Untuk meningkatkan semangat para peserta lomba, panitia menggunakan peralatan rumah tangga yang diumpamakan sebagai bel saat ingin menjawab soal.

Mulai dari botol kaca, panci, baskom hingga kaleng kecil digunakan setiap kelompok sebagai penanda ciri khas kelompok mereka.

"Biar suasana semakin meriah dan mereka semangat saat menjawab soalnya," tutup Bulan Melania.

Baca juga: Pemkab Bekasi Minta Kawasan Industri Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong untuk Lahan Pertanian

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved