Banyak Permintaan Plasma Konvalesen, PMI Kota Tangsel Siap Jemput Pendonor Penyintas Covid-19

Ketua PMI Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan pihaknya saat ini bersiap melakukan door to door donor plasma konvalesen

Penulis: Rizki Amana | Editor: Murtopo

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, SETU - Banyaknya permintaan plasma konvalesen membuat pihak Palang Merah Indonesia Kota Tangerang Selatan (PMI Kota Tangsel) memutar otak untuk memiliki ketersediaannya. 

Ketua PMI Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan pihaknya saat ini bersiap melakukan door to door donor plasma konvalesen yang dibarengi dengan kegiatan donor darah umumnya. 

Seperti kegiatan pihak PMI Kota Tangsel yang berkerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dalam melakukan kegiatan donor darah disertai donor plasma konvalesen di kawasan Puspiptek, Setu, Kota Tangsel pada Senin, 16 Agustus 2021.

"Ada enggak ada pandemi covid, darah itu dibutuhkan, dan saat kondisi pandemi ini kan pendonor berkurang. Jadi beberapa inovasi harus kita lakukan, karena kita berharap bahwa dengan alat yang kita punya, kita mencari orang yang memang mau mendonor, katanya saat ditemui di lokasi, Setu, Kota Tangsel, Senin (16/8/2021).

Baca juga: VIDEO Peralatan Kurang, PMI Kota Tangsel Kewalahan Hadapi Antrean Pendonor Plasma Konvalesen

Baca juga: Pernah Rasakan Sakitnya Terpapar Covid-19 Jadi Alasan Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

Baca juga: Sambut HUT ke-76 Indonesia, Ribuan Personel TNI AL Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

Airin menuturkan pihaknya siap melayani proses donor plasma konvalesen dengan membawa alat apheresis yang dimiliki PMI Kota Tangsel ke lokasi pendonoran. 

Pasalnya, ia mengaku saat ini puhaknya masih memerlukan ketersediaan stok plasma konvalesen di tengah antrean para penerimanya. 

"Karena selalu banyak permintaan ke kita bukan hanya dari wilayah Tangsel, tapi dari luar wilayah Tangsel untuk meminta plasma konvalesen. Dan PMI Tangsel termasuk ke dalam bagian yang ditugaskan oleh PMI pusat untuk melakukan donor plasma konvalesen," katanya. 

Baca juga: PMI Kota Tangsel Kewalahan Hadapi Lonjakan Pendonor Plasma Konvalesen , Ini Penyebabnya

Baca juga: PMI Kota Tangerang Jemput Bola Penyintas Covid-19 yang Ingin Donor Plasma Konvalesen

Kendati mengaku siap melakukan pelayanan secara door to door, Airin meyakini langkah tersebut tak akan mengganggu jalannya pendonoran darah umumnya. 

Pasalnya, kegiata door to door bakal dilakukan pihaknya dengan syarat banyaknya jumlah penyintas covid-19 yang lolos tahapan sehingga tak memungkinkan melakukan proses pendonoran di Gedung PMI Kota Tangsel kawasan Serpong. 

"Maksudnya bisa juga mereka di dorong untuk datang ke sini (Gedung PMI Kota Tangsel). Intinya kita menjemput kebutuhan plasma konvalesen yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi yang pasti tidak akan mengganggu kegiatan orang yang donor plasma konvalesen di sekretatiat PMI Tangsel," pungkasnya. (m23) 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved