Breaking News:

Pemerintah Target Buka Jutaan Lapangan Kerja hingga Naikkan Kredit UMKM di 2022 

Pemerintah Target Buka Jutaan Lapangan Kerja hingga Naikkan Kredit UMKM di 2022 . Simak selengkapnya di dalam berita ini.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, pemerintah berupaya menurunkan angka kemiskinan akibat dampak pandemi Covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, caranya adalah dengan membuka lapangan kerja sebanyaknya di 2022. 

"Terkait dengan kemiskinan, tentu kita dorong agar ada lapangan pekerjaan bisa terbentuk," ujarnya dalam konferensi pers virtual "Nota Keuangan dan RUU APBN 2022", Senin (16/8/2021). 

Airlangga menjelaskan, untuk diketahui bahwa dengan pertumbuhan ditargetkan hingga 5,5 persen tahun depan bisa membuka jutaan lapangan kerja. 

Baca juga: Wagub DKI Minta Warga Tak Gelar Lomba 17 Agustusan Meski Kasus Covid-19 di Jakarta Mulai Menurun

"Itu setiap 1 persen (ekonomi tumbuh), kita bisa mempekerjakan sekira 400 ribu sampai 500 ribu (orang)" katanya. 

Dengan rumus tersebut, jika benar pertumbuhan ekonomi bisa 5 persen, maka akan tercipta pembukaan lapangan untuk sekira 2,5 juta orang. 

"Tentu ini diharapkan bisa menyerap angkatan kerja yang masuk di tahun 2022. Kemudian, untuk peningkatan skill pekerja yakni re-skilling, up-skilling, kartu prakerja dianggarkan sekira Rp 11 triliun di 2022," tuturnya. 

Selain itu, tentunya pemerintah juga mendorong kenaikkan penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR kepada UMKM tahun depan. 

"Pemerintah menargetkan (porsi) kredit untuk sektor UMKM sampai tahun 2024 dinaikkan dari sekarang rata-rata 18 persen menjadi 30 persen, 30 persen itu di 2024 diperkirakan sekira Rp 2.400 triliun," pungkas Airlangga. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Baca juga: Heri Koswara Dapat Dukungan dari Barisan Emak-emak Militan Maju di Pilwalkot Bekasi

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved