Breaking News:

Setelah 62 Hari Mengebor, Pertamina Temukan Cadangan Gas Hidrokarbon di Sulawesi Tengah

Setelah 62 Hari Mengebor, Pertamina Temukan Cadangan Gas Hidrokarbon di Sulawesi Tengah.Simak selengkapnya dalam berita ini.

Setelah 62 Hari Mengebor, Pertamina Temukan Cadangan Gas Hidrokarbon di Sulawesi Tengah
Pertamina
Logo Pertamina

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pertamina berhasil menemukan cadangan hidrokarbon setelah pengeboran yang dilakukan selama 62 hari di Area Matindok Desa Samalore, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Cadangan tersebut ditemukan oleh unit usaha Pertamina yakni PT Pertamina EP Donggi Matindok Field (DMF) yang merupakan bagian dari Zona 13 Regional Indonesia Timur.

Kronologinya, pengeboran dimulai pada 14 Mei 2021 dengan trayek bor miring atau directional dari lokasi Sumur Penyu-001 yang telah dilakukan pengeboran tahun 2017 ke arah barat laut menuju titik target.

Setelah dilakukan evaluasi petrofisika pada 10 Juli 2021, Sumur West Penyu (WPY)-001 mencapai titik kedalaman akhir 2.420 meter dan diusulkan 2 interval uji kandungan lapisan.

Baca juga: Ini Daftar Pertanyaan Soal BELA NEGARA yang Mungkin Muncul di SKD CPNS 2021

Hasil baik didapat pada lapisan batugamping Formasi Minahaki di kedalaman 2.315 hingga 2.324 meter dengan hasil uji alir sebesar sebesar 5.5 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari ) gas dan 72 BCPD (barel kondensat per hari) juga didapatkan hasil pada lapisan batugamping M52.

ormasi Kintom di kedalaman 744 hingga 747 meter dengan hasil uji alir 5.21 MMSCFD gas dan 12 BCPD.

Direktur Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina, Awang Lazuardi mengatakan, penemuan cadangan hidrokarbon menjadi energi penyemangat untuk terus berinovasi dan berupaya memberikan kinerja terbaik. 

“Penemuan cadangan Migas jelang hari Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan berkah bagi Negeri, kami bersyukur dan terus bersemangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujar Awang dalam keterangannya, Minggu (15/8/2021).

Untuk berkontribusi dalam mencapai ketahanan energi nasional, Subholding Upstream Pertamina terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan dalam upaya penambahan cadangan.

Antara lain dengan melakukan pemboran sumur eksplorasi.

Baca juga: IHSG Menanti Sentimen dari AS Pekan Depan di Saat BUKA Sempat Jadi Beban

Saat ini Sumur WPY-001 sedang mempersiapkan proses penutupan sumur dan diperkirakan rig pemboran akan meninggalkan lokasi pada tanggal 17 Agustus 2021. Tahapan selanjutnya akan dilakukan evaluasi perhitungan sumber daya berdasarkan hasil pemboran yang dilakukan.

Selain program Pengeboran Eksplorasi, Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan cadangan dan produksi.

“Berbagai program dilakukan pada lapangan-lapangan Migas di antaranya pengeboran pengembangan, kegiatan perawatan sumur dan kegiatan operasional lainnya,” pungkas Awang. (BAMBANG ISMOYO)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved