Breaking News:

Citilink Dinilai Lebih Sehat, Pengamat Beri Saran Ini ke Garuda Indonesia 

Citilink Dinilai Lebih Sehat, Pengamat Beri Saran Ini ke Garuda Indonesia. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Citilink. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Citilink sebagai anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) untuk akan dimasukkan ke Holding BUMN Aviasi. 

Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai hal tersebut wajar karena Citilink berada dalam posisi keuangan lebih sehat ketimbang induknya. 

"Kondisi Citilink saat ini jauh lebih sehat dan produktif daripada Garuda," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews, belum lama ini. 

Kemudian, Alvin menyarankan Garuda Indonesia segera melakukan penyelesaian terhadap proses gugatan PKPU serta renegosiasi utang kepada lembaga keuangan maupun vendor. 

Baca juga: Garuda Indonesia Disebut Tidak Masuk Holding BUMN Aviasi karena Utang Besar 

"Selain itu, evaluasi operasi bisnis agar lebih efisien dan produktif, restrukturisasi organisasi dan SDM untuk menyesuaikan dengan lingkungan operasi yang baru," katanya. 

Sementara itu, dia tidak dapat memastikan kapan maskapai pelat merah tersebut dapat kembali cetak keuntungan dari rugi sekira Rp 5 triliun di kuartal I 2021. 

"Pertanyaan ini di luar kemampuan saya menjawab, mungkin dewan direksi Garuda pun sulit menjawab karena pengaruh kuat faktor eksternal yaitu pandemi. Dampak pandemi dan peraturan pemerintah sangat dinamis, sering berubah, sangat banyak ketidakpastian yang dihadapi," pungkas Alvin. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Baca juga: Jakarta Pusat Tersisa Zona Kuning dan Hijau, Wali Kota Imbau Warga Tetap Waspada

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved