Breaking News:

Olimpiade

Menpora Zainudin Amali: Dalam Desain Besar Olahraga Nasional Tujuan Prestasi Kita Sudah ke Olimpiade

Menpora Zainudin Amali menjelaskan bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sedang disiapkan akan jadi panduan pembinaan olahraga Indonesia.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
istimewa
Menpora Zainudin Amali dalam bincang isu olahraga bersama Tribunnews, Jumat (13/8/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sedang disiapkan akan jadi panduan pembinaan olahraga Indonesia.

Nantinya, pembinaan atlet dalam DBON bertujuan untuk memerbaiki prestasi olahraga Indonesia yang mulai terfokus pada ajang Olimpiade.

"Dalam desain besar olahraga nasional nanti tujuan prestasi kita sudah ke Olimpiade. Sedangkan SEA Games, Asian Games hanya jadi sasaran antara saja," kata Zainudin dalam bincang isu olahraga bersama Tribunnews,  Jumat (13/8/2021).

Zainudin berujar bahwa DBON yang dirinya buat saat ini punya target jangka panjang.

Untuk itu di eranya menjabat sebagai Menpora, Zainudin menegaskan bahwa dirinya siap tak populer karena tak terfokus pada prestasi.

"Desain besar olahraga ini kita buat jangka panjang. Saat Indonesia 100 tahun merdeka pada 2045, kita targetkan prestasi olahraga kita di Olimpiade bisa melesat," ujar Zainudin.

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Menyebutkan Bahwa Sekarang Ini Menjadi Atlet Sudah Bisa Jadi Pilihan Hidup

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Jelaskan Dua Alasan Kompetisi Liga 1 Indonesia Harus Segera Bergulir

Baca juga: Menpora Zainudin Amali: Bonus Peraih Medali Olimpiade Akan Diumumkan Langsung Presiden Joko Widodo

"Tetapi, sekarang ini kita harus buat desain besar olahraga yang jadi pondasi untuk olahraga kita. Oleh karena itu, saya tidak pernah berpikir untuk prestasi jangka pendek, saya siap tidak populer karena yang saya lakukan sekarang membuat pondasi olahraga kita untuk prestasi kedepannya," jelas Zainudin.

Saat ini desain besar olahraga nasional tinggal menunggu payung hukum, yakni Perpres.

Setelah Perpres keluar, DBON yang telah dirancang dengan melibatkan pihak-pihak berkompeten di dalamnya bakal mulai disosialisasikan. 

Bintang Jasa

Selain itu, Zainudin menilai bahwa pilihan menjadi seorang atlet saat ini sudah tak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Pasalnya, mereka yang berprestasi mengharumkan Indonesia bakal mendapatkan apresiasi mulai dari jabatan PNS, bonus miliaran rupiah, hingga jaminan di masa pensiun atau tua.

Seperti halnya ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang mendapatkan emas di Olimpiade Tokyo 2020 telah diguyur bonus sebesar Rp 5,5 miliar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, Presiden Jokowi dikatakan Zainudin juga setuju dengan pemberian gelar kehormatan kepada atlet berprestasi saat pensiun nanti.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved