Liga Inggris

Pep Guardiola Tak Langsung Menurunkan Pemain Bintang, Sterling dan De Bruyne Tak Cukup Bugar

Pelatih Manchester City mempertimbangkan kesehatan mental pemain yang baru pulang liburan setelah laga internasional. Skuad Pep tak ideal.

Penulis: Rusna Djanur Buana | Editor: Sigit Setiono

PEP Guardiola tidak akan langsung menurunkan pemain bintangnya di awal musim.

Pelatih Manchester City tersebut bakal mempertimbangkan kesehatan mental pemain yang baru pulang liburan.

Manchester City yang berstatus sebagai juara Liga Inggris musim lalu kalah 0-1 dari peraih Piala FA Leicester City di Community Shield.ol kemenangan Foxes dikoleksi eks striker City Kelechi Iheanacho dari titik penalti.

Saat itu City memang tidak tampil dengan kekuatan penuh.

Guardiola kehilangan Raheem Sterling, Phil Foden, Kyle Walker, John Stones, Ederson dan Gabriel Jesus.

Para pemain Manchester City menyambut gol yang dicetak Raheem Sterling ke gawang Chelsea. Kebetulan malam itu Sterling menjabat kapten kesebelasan.
Para pemain Manchester City menyambut gol yang dicetak Raheem Sterling ke gawang Chelsea. Kebetulan malam itu Sterling menjabat kapten kesebelasan. (Twitter @ManCity)

Mereka baru pulang berlibur setelah bermain di Piala Eropa dan Copa America. Enam pemain itu baru kembali ke camp pelatihan Senin lalu.

Kapten sekaligus playmaker Kevin De Bruyne belum pulih setelah cedera engkel di Piala Eropa.

Sementara itu bek Aymeric Laporte yang membela Timnas Spanyol baru bisa masuk Inggris tengah pekan depan mengikuti protokol kesehatan.

Menurut Guardiola, situasi tersebut membuat persiapan timnya jauh dari ideal.

City akan menghadapi Tottenham Hotspur di laga perdana 14 Agustus mendatang.

Mantan pelatih Barcelona ini mengaku fokus pada mental pemainnya yang hampir tidak pernah istirahat sejak sepak bola Inggris kembali digulirkan Juni tahun lalu.

"Mereka memang mendapat libur tambahan setelah bermain di laga internasional. Apakah mereka mendapatkan keuntungan? Mereka baru pulang liburan dan dan bisa saja langsung siap bermain," kata Pep.

"Tapi itu tergantung yang mereka pikirkan. Ada pemain yang langsung bugar, ada yang butuh waktu. Kami juga harus mengecek berat badan, postur tubuh, dan terutama apa yang ada di kepala mereka," tutur Guardiola.

"Ada pemain yang bermain tiga atau pemain hari sekali dan mental mereka tetap positif dan siap bertarung dalam situasi apapun. Ada yang butuh waktu. Kami akan melihat kesehatan mental mereka," ujarnya.

Phil Foden sudah pasti bukan pemain yang langsung bisa bertarung akhir pekan ini.

Phil Foden tampil sebagai pemain bintang di Manchester City saat ini
Phil Foden tampil sebagai pemain bintang di Manchester City saat ini (premierleague.com)

Dia masih berkutat dengan cedera setelah cedera di semifinal Piala Eropa.

Guardiola berharap Stones, Sterling, dan Walker masuk dalam kategori yang sanggup bermain melawan Tottenham.

Mereka membawa Inggris ke partai final Piala Eropa dan itu membuat mereka bakal lebih percaya diri. Dan hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi City.

"Tapi apa yang terjadi bersama timnas sudah berlalu dan Anda harus melupakannya. Tantangan terbesarnya adalah menghadapi musim ini yang akan mulai bergulir akhir pekan ini," ujar Guardiola.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved