Breaking News:

Sampah

Walhi Protes FPSA Tebet, Wagub DKI: Jangan Artikan seperti Membakar Sampah Biasa di Permukiman

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria minta Walhi untuk seksama meneliti teknologi FPSA Tebet. Teknologi ini bukan sekadar bakar sampah.

WARTA KOTA/DESY SELVIANY
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta Walhi untuk seksama meneliti teknologi FPSA di Tebet. Sebab, teknologi yang dipakai berbeda dengan pembakaran sampah biasa. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons sikap protes Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) soal rencana pembangunan Fasilitas Pengelolaan Sampah Atas (FPSA) Tebet, Jakarta Selatan.

Ariza menyebut, metode pemusnahan di FPSA tidak sama seperti proses pembakaran sampah yang biasa dilakukan warga di permukiman rumahnya.

Baca juga: 34 Warga Cina Masuk Indonesia Saat PPKM Level 4, Ditjen Imigrasi: Mereka Punya Izin Tinggal Terbatas

“Pembangunan pembakaran sampah itu jangan diartikan seperti membakar sampah di rumah-rumah,” ujar Ariza di Balai Kota DKI, Selasa (10/8/2021).

Menurut Ariza, pemerintah daerah telah membuat konsep pembakaran sampah FPSA dengan baik.

Artinya pembakaran sampah itu dilakukan sebaik mungkin, bahkan hasil pembakarannya sesuai buku mutu lingkungan yang ditetapkan kementerian terkait.

“Ini pembakaran sampah menggunakan teknologi cuma berskala mikro kecil, jadi tidak ada polusi di situ dan sudah diperhitungkan,” kata mantan anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini.

Seperti diketahui, Walhi memprotes rencana Pemprov DKI Jakarta yang ingin membangun FPSA Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tersangka Prostitusi Online Gunakan Uang Hasil Mucikari untuk Beli Sabu di Tangerang

Walhi menilai keberadaan alat pemusnah sampah itu syarat mencemarkan lingkungan, sehingga dapat mengganggu kesehatan warga sekitar.

Sementara Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin menyatakan, rencana pembangunan FPSA beserta fasilitasnya berupa pengolahan sampah sudah dipikirkan secara matang.

Bahkan disesuaikan dengan komposisi dan karakteristik sampah di Kecamatan Tebet.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved