Virus Corona Tangsel

RSU Kota Tangsel Ungkap Peningkatan Limbah Medis Terjadi Sejak Kasus Covid-19 Meledak di Tangsel

RSU Kota Tangsel Ungkap Peningkatan Limbah Medis Terjadi Sejak Kasus Covid-19 Meledak di Tangsel. Berikut Selengkapnya

Penulis: Rizki Amana | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Gedung RSU Kota Tangsel di Jalan Pajajaran, Pamulang Barat, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Senin (9/8/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, PAMULANG - Kasus aktfif infeksi covid-19 di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menurun dalam beberapa pekan terakhir. 

Bahkan penurunan kasus tersebut turut berimbas terhadap tingkat okupansi ketersediaan tempat tidur pasien infeski covid-19 bergejala berat di Rumah Sakit Umum Kota Tangsel. 

Namun di sisi lain limbah medis di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) milik Pemerintah Kota Tangsel itu meningkat. 

"Peningkatan ada tetapi tidak terlalu signifikan," kata Kepala Seksi Penunjang Non Medis RSU Kota Tangsel, Endang Sutisna kepada Wartakotalive.com saat ditemui di RSU Kota Tangsel, Pamulang, Tangsel pada Senin (9/8/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun, RSU Kota Tangsel Klaim Tak Ada Lagi Antrean Pasien Saat Ini

Endang menuturkan data terakhir peningkatan limbah medis di fasyankes milik Pemerintah Kota Tangsel itu terjadi sejak Juni 2021. 

Menurutnya peningkatan merupakan imbas dari adanya pelonjakan penerimaan pasien infeksi covid-19.

Baca juga: Update Kasus Infeksi Covid-19 di Kota Tangsel, 907 Orang Sembuh pada 9 Agustus 2021

"Peningkatan ada normalnya kita sehari ada 201 kilogram dari Januari samapi dengan Mei (2021) yang sudah kita rekap. Terjadi peningkatan menjadi 220 kilogram di bulan Juni (2021) tetapi tidak terlalu signifikan untuk limbah medisnya," ungkapnya. 

Adapun pihaknya mengakui pengelola limbah medis dilakukan oleh pihak ketiga. 

"Untuk penanganan limbah medis kita ada kerjasama dengan transporter diangkut dua hari sekali kita menggunakan pihak ke tiga," pungkasnya. (m23)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved