PPKM Level 4

PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya Boleh Buka dengan Syarat

Ujicoba pembukaan pusat perbelanjaan mal ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25 persen

Editor: Feryanto Hadi
Wartakotalive/Rizki Amana
Kondisi Mall Teraskota, Serpong, Kota Tangsel dengan sejumlah tenant yang tak beroperasi sejak pandemi covid-19 melanda. foto Jumat (30/7/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam opsi perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 mulai 10 Agustus, terdapat dua roadmap. 

Dua roadmap yang memiliki penyesuaian dan diujicobakan yaitu sektor perbelanjaan, mal, industri esensial berbasis ekspor, dan penunjangnya. 

"Kita akan melakukan ujicoba secara bertahap untuk mal dan pusat perbelanjaan di level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers secara virtual, Senin (9/8/2021). 

Ujicoba pembukaan pusat perbelanjaan mal ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25 persen selama sepekan ke depan. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Jawa-Bali Menurun, Menko Luhut: Kita Tidak Perlu Jumawa, Ini Masih Jauh dari Selesai

Syaratnya yakni dengan protokol kesehatan ketat dan hanya mereka yang sudah di vaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi pedulilindungi. 

"Kemudian, anak umur 12 tahun ke bawah dan di atas 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal dan pusat perbelanjaan sementara ini," kata Luhut. 

Di sisi lain dalam hal kecepatan laju vaksinasi, sejumlah provinsi dan wilayah aglomerasi menunjukkan peningkatan laju harian cukup signifikan. 

"Hal ini tentu saja akan membantu dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 akibat varian delta," pungkasnya.

Baca juga: Pemindahan Napi Narkoba ke Nusakambangan Bukan Solusi Utama, Josias Sarankan Benahi Manajemen Lapas

Baca juga: 4 Mal di Kota Ini Boleh Buka dengan Syarat Meski PPKM Diperpanjang lagi hingga 16 Agustus

Minta warga tetap jaga prokes

Dalam kesempatan tersebut Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perpanjangan PPKM sejak tanggal 2 hingga 9 Agustus menunjukkan hasil yang cukup baik.

Berdasarkan catatan Menko Luhut, telah terjadi penurunan kasus aktif hingga 59,6 persen jika dibandingkan dengan puncak kasus yang telah terjadi pada 15 Juli 2021.

Meskipun terlihat adanya perbaikan data kasus aktif, Luhut mengingatkan agar semua masyarakat Indonesia tetap super hati-hati.

Dirinya juga mengatakan, melandainya angka tersebut bukan berarti pandemi akan segera berakhir.

Baca juga: PPKM Kembali Diperpanjang, Menko Luhut: Kita Akan Hidup Bertahun-tahun ke Depan dengan Masker

“Saya ingin ingatkan untuk teman-teman semua rakyat Indonesia (untuk) super hati-hati menghadapi ini,” ucap Menko Luhut 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved