Breaking News:

Pemberian Vaksin Ketiga Bagi Nakes Jakarta Pusat Diperketat

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat memperketat pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta Pusat.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Max Agung Pribadi
Wartakotalive/Joko Supriyanto
Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari. 

WARTAKOTALIVE.COM,TANAH ABANG - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat memperketat pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta Pusat.

Langkah ini dilakukan agar pemberian vaksin bosster tersebut benar-benar nakes yang bekerja menangani pasien Covid-19.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan hingga saat ini pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan terus berjalan, termasuk meminta RS Swasta untuk para tenaga kesehatannya untuk jalani vaksin booster itu.

Baca juga: Tenaga Kesehatan DKI Dapat Fasilitas Pendampingan Psikologis Gratis, Begini Cara Daftarnya

"Kalo untuk vaksin bosster atau dosis ketiga ini kita sudah berjalan, kalo terkait jumlah hingga saat ini terus bertambah," kata Erizon Safari, Senin (9/8/2021).

Diungkapkan Erizon, terkait data tenaga kesehatan di Jakarta Pusat yang menerima vaksin dosis ketiga, pihaknya tidak bisa memaparkan secara rinci, sebab jumlahnya tidak selalu sama sistem informasi SDM Kesehatan (SISDMK).

"Karena bisa saja terjadi penambahan karena tidak menutup kemungkinan ada penambahan di kliniknya atau rumah sakitnya yang baru, tapi tetap saat ini terus berjalan," katanya.

Baca juga: Belasan Ribu Tenaga Kesehatan di Jakarta Utara Ditargetkan Ikut Vaksinasi Dosis Ketiga

Pemberian vaksin moderna kepada tenaga kesehatan ini memang lebih ketat dibandingkan dengan pemberian vaksin dosis pertama dan kedua. Sebab dirinya tidak ingin ada kesalahan pemberian vaksin bosster itu.

Bahkan setiap Rumah Sakit maupun Fasilitas Kesehatan yang ada di Jakarta Pusat diwajibkan untuk membuat pakta integritas, sehingga data tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin dosis ketiga untuk nakes fungsional itu sesuai data.

"Makannya kita minta pakta integritas dari rumah sakit maupun faskes lainnya bahwa itu benar-benar nakes mereka, supaya tidak terjadi yang tidak tercantum dalam nakes mendapatkan vaksin moderna," ucapnya. 

Baca juga: Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi Covid-19 Jenis Moderna di Puskesmas Kramat Jati dan RSUD Matraman

Sejauh ini beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta Pusat, Puskesmas di Jakarta Pusat, Rumah Sakit TNI hingga beberapa Rumah Sakit Kementerian seperti RSCM sudah berjalan menjalani vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved