Olimpiade Tokyo

Pelari Kenya Eliud Kipchoge Raih Emas Kedua Kalinya di Nomor Maraton Olimpiade

Catatan waktu yang diraih Elud Kipchoge itu lebih cepat dari yang ia lakukan untuk memenangkan emas di Olimpiade Rio 2016

Editor: Umar Widodo
olympics.com
Pelari Kenya Eliud Kipchoge berhasil meraih juara lari nomor maraton Olimpiade Tokyo 2020, kemenangan ini kesuksesannya pada Olimpiade Rio 2016 lalu 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Eliud Kipchoge, atlet lari dari Kenya adalah lambang sportifitas yang baik saat ia meraih emas Olimpiade kedua kalinya di nomor maraton yang berlangsung di Sapporo Odori Park, Hokkaido, Jepang, Minggu (8/8/2021) pagi waktu setempat.

Pelari Kenya, yang berlari di Olimpiade keempatnya, melintasi garis finis di Taman Sapporo Odori dalam waktu 2 jam 8 menit dan 38 detik.

Catatan waktu yang diraihnya itu lebih cepat dari yang ia lakukan untuk memenangkan emas di Olimpiade Rio 2016.

"Ini sangat berarti bagi saya, terutama saat ini," kata Kipchoge yang memenangkan emas Olimpiade keduanya dikutip dari laman resmi Olympics.com.

“Tahun lalu sangat berat, (Olimpiade Tokyo 2020) ditunda. Saya senang untuk panitia lokal yang membuat perlombaan ini terjadi.

“Ini adalah tanda yang menunjukkan kepada dunia bahwa kita sedang menuju ke arah yang benar - kita berada di transisi yang tepat ke kehidupan normal.

“Saya dapat mengucapkan selamat kepada mereka karena mereka membuat Olimpiade ini terjadi,” ujarnya.

Kipchoge, peraih perunggu di Athena pada 2004 dan perak di Beijing 2008 di nomor 5000m, sudah memiliki satu set medali lengkap berkat emas maratonnya di Olimpiade Rio.

Tapi tambahan untuk koleksinya ini adalah medali kelima Kenya dalam maraton Olimpiade putra sejak Olimpiade di Beijing pada 2008.

Dengan kemenangan ini, Kipchoge bergabung dengan kelompok pelari terpilih yang telah berhasil mempertahankan gelar maraton Olimpiade.

Pelari lainnya adalah Abebe Bikila dari Ethiopia (1960 dan 1964) dan Waldemar Cierpinski dari Jerman Timur (1976 dan 1980).

“Saya pikir saya telah memenuhi warisan dengan memenangkan maraton untuk kedua kalinya, back-to-back,” tambah Kipchoge.

“Saya berharap sekarang dapat membantu menginspirasi generasi berikutnya.”

Sang juara bertahan unggul satu menit 20 detik dari pelari terdekat berikutnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved