Breaking News:

Covid19

Ingin Tahu Ciri-ciri Hewan Anda Terpapar Covid-19, Simak Penjelasan Lengkap Ketua PDHI

“Nafsu makan turun, si kucing gak mau makan. Nah kalau ada tanda-tanda itu, segera dicek ke dokter hewan, termasuk batuk, pilek, diare dan muntah

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Muhammad Munawaroh, saat ditemui di Kantor PB PDHI, Pasar Minggu, Jakarta Pusat pada Senin (9/8/2021), siang. 

WARTAKOTALIVE.COM, PASAR MINGGU –-- Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Muhammad Munawaroh membeberkan sejumlah indikasi hewan yang terpapar Covid-19.

Ia memberi contoh hewan yang sering diperlihara di rumah seperti kucing dan anjing.

Kata Mumawaroh, kucing yang terpapar virus Covid-19 akan menunjukkan gejala nafas pendek dan mengalami demam dengan suhu badan di atas 38,5 derajat celsius. 

“Nafsu makan turun, si kucing gak mau makan. Nah kalau ada tanda-tanda itu, segera dicek ke dokter hewan, termasuk batuk, pilek, diare dan muntah,” jelas Munawaroh saat ditemui di Kantor PB PDHI, Pasar Minggu, Jakarta Pusat pada Senin (9/8/2021).

Covid-19 umumnya menyerang saluran pernafasan dengan menyerang paru-paru.

Paru-paru yang terinfeksi oleh Covid-19 akan terisi cairan yang mengakibatkan sesak nafas dan disusul dengan demam tinggi akibat respon tubuh yang melakukan perlawanan terhadap virus.

Selain menyerang saluran pernafasan, Covid-19 juga menyerang saluran pencernaan.

“Dokter-dokter hewan biasanya melakukan pengobatannya pada peningkatan kekebalan tubuh. Virus ini tidak bisa diobati dengan antibiotik, virus itu bisa diobati dengan peningkatan kekebelan tubuh hewan itu sendiri,” ucap Munawaroh. 

Lebih lanjut, kata Munawaroh, virus Corona bukan hal baru di ranah hewan. Ia mengatakan, virus Corona sudah ada di ayam sejak lama.

“Ayam-ayam petelur itu harus divaksin untuk mencegah penyakit Infectious Bronchitis yang disebabkan oleh virus corona. Di kucing sebenarnya juga sudah ada virus corona,” lanjut Munawaroh. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved