Breaking News:

Berita Jakarta

Walhi Tolak Proyek Tempat Pembakaran Sampah DKI Jakarta di Taman Tebet, Ini Alasannya

Direktur Eksekutif WALHI Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi, mengatakan, proyek tersebut juga berpotensi menambah beban pencemaran udara

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy

WARTAKOTALIVE.COM,GAMBIR --- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyoroti rencana pembangunan Fasilitas Pengelolaan Sampah Antara (FPSA) yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Taman Tebet, Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Adanya FPSA itu, Walhi secara tegas melakukan penolakan FPSA yang akan dibangun dengan kapasitas 120 ton per hari itu.

Hal ini karena tidak sesuai dengan kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga. 

Direktur Eksekutif WALHI Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi, mengatakan, proyek tersebut juga berpotensi menambah beban pencemaran udara karena lokasi proyek tersebut berada di area publik (taman).

"Ini berdekatan langsung dengan pemukiman, kemudian juga di tengah situasi beban pencemaran udara Jakarta yang tinggi," kata kata Tugabus dalam keterangannya, Minggu (8/8/2021).

"Bisa dibayangkan area yang biasa di jadikan area publik seperti rekreasi, berolahraga, dan lain sebagainya akan terpapar dampak buruk insinerator," tambahnya.

Menurut, Tugabus FPSA dengan teknologi insinerator ini juga bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 04 tahun 2019, karena tidak memperhatikan aspek sosial dan tidak tepat guna dalam pengelolaan sampah.

Teknologi termal seperti insinerator bukan merupakan energi baru, melainkan teknologi lama yang sudah banyak ditinggalkan.

Pihaknya melihat ini adalah cara berpikir pendek Dinas Lingkungan Hidup, Pemkot Jakarta Selatan dan PUD Sarana Jaya dalam pengelolaan sampah. 

"Upaya yang seharusnya diperkuat oleh pemerintah adalah pengelolaan sampah berbasis (TPS) 3R berbasis masyarakat. Karena jumlah TPS 3R Jakarta masih jauh dari angka ideal," katanya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved