Breaking News:

Berita Nasional

Cara Redam Stres saat Menjalani Isolasi Mandiri

Pasien Covid-19 yang menjalani isoman kerap mengalami berbagai kecemasan, diantaranya merasa tidak dapat sembuh.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Ilustrasi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Bagi para pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah atau di shelter khusus untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, tak jarang banyak permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya adalah stres.

Psikolog Elok Farida Husnawati menyampaikan, bahwa pasien Covid-19 yang menjalani isoman kerap mengalami berbagai kecemasan, diantaranya merasa tidak dapat sembuh.

“Wah ini bisa tambah parah dan nggak bakal bisa disembuhkan, saya takut Covid-19 bakal berdampak pada aktifitas saya kedepannya, ujar Elok Farida saat acara virtual Konsultasi Psikologi bertajuk ‘Mengatasi Kecemasan Pasien Covid Saat Isolasi Mandiri’ yang diadakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Crisis Center Covid-19, Jumat (8/6).

Baca juga: Banyak Pasien Covid-19 Isoman Alami Perburukan, IDI Himbau Masyarakat Tak Takut ke Dokter

Kecemasan selanjutnya adalah bahwa pasien Covid-19 merasa takut dapat menularkan ke orang lain.

Menurut Elok, biasanya kecemasan ini terjadi pada pasien yang bekerja di kantor karena banyak aktifitas dengan teman-teman di satu ruangan kerja.

“Ini sebenarnya ketakutan berlebih, jadi baiknya fokus pada penyembuhan bagi teman-teman yang positif Covid-19, baru nanti bisa memikirkan orang lain, nggak perlu takut secara berlebih,” ujarnya.

Elok menyebutkan, bahwa kecemasan-kecemasan berlebih tersebut dapat menimbulkan stres dan secara tidak sadar akan menurunkan imunitas tubuh. Lalu bagaimana cara menurunkan stres saat dirumah saja?

Baca juga: Tips Isoman di Rumah dari Kepala Puskesmas Tanah Tinggi Agar Tak Tularkan Anggota Keluarga

Relaksasi pernafasan

Elok mengatakan, ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Caranya tarik nafas dalam dari hidung kemudian tahan selama 4 detik dan dikeluarkan secara perlahan.

“Lakukan ini secara berulang sambil memikirkan hal positif, memikirkan hal yang senang atau mensugesti diri bahwa yakin diri saya sembuh,” sebutnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved