Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Anggota DPRD Desak Dinas Kesehatan Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Jhonny Simanjuntak, mendesak Dinas Kesehatan untuk menggelar vaksinasi bagi ibu hamil.

satuharapan
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Jhonny Simanjuntak mendesak Dinas Kesehatan untuk segera menggelar vaksinasi bagi ibu hamil. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Legislator mendesak Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menggelar vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Dari enam wilayah Jakarta, baru satu wilayah saja yang siap untuk melaksanakan vaksinasi itu, yakni Jakarta Pusat.

Baca juga: Ketua RW 06 tidak Tahu Ada Pembelajaran Tatap Muka di TK Al Firdaus Cipayung saat PPKM Darurat

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Jhonny Simanjuntak mengatakan, pemberian vaksin Covid-19 bagi ibu hamil merupakan hal yang mendesak sebagai upaya perlindungan kepada sang ibu maupun anak yang dikandungnya.

Terlebih, pemberian vaksin tersebut telah melewati uji klinis dan diputuskan Kementerian Kesehatan RI.

Kata dia, wacana vaksin Covid-19 untuk ibu hamil sebetulnya sudah lama dibacarakan.

Selain memberikan perlindungan bagi ibu hamil, vaksinasi juga dilakukan sebagai upaya menciptakan herd immunity sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Polisi Selidiki Kasus Kebakaran Duren Jaya Kota Bekasi yang Berawal dari Keributan 2 Orang

“Ketika kegiatan ini sudah mulai berjalan saya kira seluruh pelayanan kesehatan yang ada di Pemerintah DKI harus lebih tanggap dan cepat,” kata Jhonny, Kamis (5/8/2021).

Jhonny mengatakan, Dinas Kesehatan DKI harus segera berkoordinasi dengan suku dinas di enam wilayah lain di Jakarta agar pendistribusian vaksinasi bagi ibu hamil dapat disalurkan secara merata.

Termasuk fasilitas yang disediakan harus sesuai protokol kesehatan (prokes) dan lokasinya berdekatan dengan permukiman warga, sehingga memudahkan ibu hamil untuk divaksin.

“Tidak boleh ada perbedaan fasilitas, mau di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara bahkan Kepualauan Seribu. Jadi harus dipastikan semua fasilitas semuanya sama rata,” ujar Jhonny.

Baca juga: Tiga Tahun di Liverpool Fabinho Banyak Belajar dan Punya Banyak Peran

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil terhitung mulai 2 Agustus 2021.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Dengan keluarnya SE ini, Kementerian Kesehatan meminta kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar segera memulai vaksinasi ibu hamil tertutama di daerah tingkat penularan Covid-19 tinggi.

Baca juga: Sedang Amankan Proses Vaksinasi, Anggota Polsek Kembangan Gugur, Umar: Layak Diberi Penghargaan

Menanggapi SE tersebut, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan, tim nakes Puskesmas di delapan kecamatan di Jakarta Pusat telah siap memberikan layanan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.

"Vaksinasi bagi ibu hamil juga merupakan salah satu upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Erizon Safari, saat ditemui di Sekolah Santa Ursula, Jakarta Pusat pada Selasa (3/8/2021), siang.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved