Breaking News:

Vaksinasi Covid19

KABAR Baik! Masyarakat yang Tak Punya NIK Kini Boleh Divaksin Covid-19

Surat edaran ini untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait.

Editor: Yaspen Martinus
ISTIMEWA
Masyarakat yang tak punya nomor induk kependudukan (NIK) kini boleh divaksin Covid-19. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat yang belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Masyarakat yang tak punya nomor induk kependudukan (NIK) kini boleh divaksin Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat yang belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Surat tersebut diterbitkan pada 2 Agustus 2021.

Baca juga: Pasien Covid-19 Berkurang Drastis, 8 Tenda Darurat di RSUD Chasbullah Abdulmadjid Bekasi Dibongkar

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait."

"Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki NIK," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg Widyawati, MKM saat dikonfirmasi, Rabu (4/8/2021).

Melalui surat edaran ini, Kemenkes menginstruksikan Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota berkoordinasi dengan Instansi, perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota terkait, dalam rangka pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat rentan.

Baca juga: RSDC Wisma Atlet Kemayoran Bakal Tambah Jumlah Tempat Tidur, ICU, IMCU, dan HCU

Seperti, kelompok penyandang disabilitas, masyarakat adat, penghuni lembaga pemasyarakatan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB), serta masyarakat lainnya yang belum memiliki NIK.

Dinas Kesehatan memastikan agar instansi dan perangkat daerah terkait, segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, apabila terdapat target sasaran vaksinasi Covid-19 yang belum memiliki NIK.

Seperti, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Unit Pelaksana Teknis Kementerian/Lembaga, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Baca juga: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan Habiskan Dana Hingga Rp 2 Miliar, Istana Bantah Foya-foya

"Pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang belum memiliki NIK dapat dilakukan bersama-sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, di satu lokasi pelayanan yang disepakati."

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved