Breaking News:

BRI Dorong Produk Lokal UMKM Bersaing di Pasar Internasional

BRI Dorong Produk Lokal UMKM Bersaing di Pasar Internasional. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Kompas.com
Bank BRI. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM yakni BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang mengambil tema Lokal Keren Jatim.

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 dan diharapkan mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Liga 1 2021 akan Digelar 20 Agustus, Liga 2 2021 Bakal Bergulir pada Pertengahan September Mendatang

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengatakan, acara yang dihelat ini juga menjadi stimulus bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform digital seperti PaDi UMKM, Shopee, Tokopedia dan BliBli.

Pameran virtual ini juga bertujuan untuk membuka peluang baru bagi produk UMKM Jawa Timur di pasar nasional dan ekspor.

“Melalui kegiatan ini, pelaku UMKM kini mampu menjadikan bisnis mereka lebih modern, menerapkan digitalisasi, serta memperluas jejaring pasar daring yang pada ujungnya tidak hanya mampu bersaing di pasar lokal,” ucap Catur.

“Namun, UMKM binaan juga berhasil menembus pasar dunia sebagai UMKM Ekspor,” sambungnya.

Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk mewakili daerah lainnya mengingat jumlah UMKM di provinsi ini begitu besar.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan.

Baca juga: Terungkap Kasus NIK Warga Bekasi Dicatut WNA Korsel untuk Vaksinasi Covid-19, Ini Kesalahannya

Halaman
12
Tags
BRI
UMKM
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved