Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Tradisional di Jakarta Masih Rendah

Ikappi mendorong agar sentra vaksinasi Covid-19 dibikin di area pasar karena pedagang sulit meninggalkan dagangannya ketika harus vaksinasi.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Petugas menempelkan stiker bertuliskan 'Sudah Vaksin Covid-19' di gerobak pedagang yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Senin (2/8/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menilai, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pedagang pasar di Ibu Kota masih rendah.

Ikappi mendorong agar sentra vaksinasi Covid-19 dibikin di area pasar karena pedagang sulit meninggalkan dagangannya ketika harus vaksinasi di lokasi lain.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit, mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh, dan mereka tidak berkenan,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib, Selasa (3/8/2021).

Ainun mengatakan, pembuatan sentra vaksinasi di area pasar dianggap efektif.

Hal itu terbukti saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan Ikappi di sejumlah pasar di Ibu Kota antara lain di Ciracas, Cibubur, Cijantung, Tanah Abang, Klender SS dan Pramuka.

Baca juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Keluhkan Aturan Syarat Masuk dengan Kartu Vaksin Covid-19

Baca juga: PERHATIAN! Pengunjung dan Pedagang Pasar Tanah Abang Wajib Menunjukkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu, kata Ainun Najib, para pedagang sangat antusias mengikuti vaksinasi.

Seperti vaksinasi Covid-19 di Pasar Pramuka, Selasa (3/8/2021) pagi, diikuti 400 pedagang.

"Kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan pemerintah pusat, agar menggunakan pola-pola yg telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan program vaksinasi seperti yang diarahkan Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya.

Dia menilai, sosialisasi terhadap vaksinasi sangat minim dilakukan di pasar sehingga Ikappi melakukan edukasi dan sosialisasi pedagang pasar di Jakarta.

Baca juga: Biar Bisa Jualan Tenang, Pedagang Pasar Koja Baru Inisiatif Bawa Sertifikat Vaksin Covid-19

Baca juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Gembira Bisa Kembali Jualan setelah Tutup Akibat PPKM Darurat

Menurut dia, banyak kabar palsu atau hoax tentang vaksinasi dan Covid-19 di pasar tradisional.

"Masih banyak pedagang yang enggan divaksin dan tidak percaya corona, sehingga Ikappi terjun langsung dan melakukan sosialiasasi secara intens kepada pedagang,” katanya.

“Karena PPKM Level 4 yang berlanjut hingga 9 agustus ini, memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih."

"Ikappi berharap semua pihak untuk ikut bergotong-royong agar dapat menyukseskan program vaksinasi dengan tagline pedagang sehat, ekonomi kuat,” kata Ainun Najib.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved