Breaking News:

Covid19

Bandara Soekarno-Hatta Wajibkan Penumpang Gunakan Aplikasi Ini Untuk Lengkapi Syarat Keberangkatan

"Dengan demikian, proses check-in akan lebih cepat dan meniadakan kontak fisik, untuk menekan penyebaran kasus Covid-19," sambungnya.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Dedy
Wartakotalive.com/M Nur Ichsan Arief
ILUSTRASI --- Petugas Satgas Udara Penanganan Covid-19, Bandara Soekarno Hatta mengarahkan WNI penumpang penerbangan luar negeri menuju bus yang akan membawa mereka ke lokasi karantina, Jumat (1/1/2021). Mulai tanggal 1-14 pemerintah menerapkan aturan larangan sementara WNA masuk ke Indonesia untuk mencegah penularan wabah Covid-19 varian baru. 

WARTAKOTIVE.COM, TANGERANG --- Bandara Soekarno-Hatta mewajibkan seluruh calon penumpang pesawat, untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dalam memproses keberangkatan penerbangan sejak 1 Agustus 2021 kemarin.

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan, program tersebut diterapkan, dalam rangka mendukung penerapan Surat Edaran Menteri Kesehatan, tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi Dengan Aplikasi PeduliLindungi.

"Bandara Soekarno-Hatta sudah siap secara prosedur dan fasilitas untuk mendukung SE Menkes Nomor 847/2021 yang mengamanahkan penggunaan PeduliLindungi untuk verifikasi dokumen kesehatan calon penumpang pesawat secara digital," ujar SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi, dalam keterangan resminya Selasa (3/8/2021).

Di tengah pandemi yang terjadi saat ini, dokumen kesehatan seperti hasil tes negatif Covid-19 dan kartu vaksinasi menjadi syarat perjalanan bagi calon penumpang pesawat. 

Dengan menerapkan pemeriksaan berbasis digital, secara tidak langsung juga menghindari kasus pemalsuan dokumen syarat penerbangan.

"Dengan dilakukannya proses validasi dokumen kesehatan secara digital, mampu memberikan kemudahan bagi calon penumpang pesawat, karena tidak lagi harus membawa dokumen kertas," kata Holik Muardi.

"Dengan demikian, proses check-in akan lebih cepat dan meniadakan kontak fisik, untuk menekan penyebaran kasus Covid-19," sambungnya.

Lebih lanjut Holik Muardi menghimbau kepada para calon penumpang pesawat yang melakukan keberangkatan dari Bandara Soetta, untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dilengkapi sebelum melakukan penerbangan, dengan mengakses website, http://cekmandiri.pedulindungi.id.

"Setiap calon penumpang pesawat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 juga otomatis akan langsung mendapat kartu vaksinasi digital di akun PeduliLindungi," tutur Holik Muardi.

Kemudian pada fasilitas keamanan di Security Check Point 1,  juga ada titik signage yang menyediakan QR Code guna calon penumpang melakukan pengecekan mandiri akun PeduliLindungi. 

Syarat calon penumpang yang diijinkan melanjutkan ke konter check-in untuk proses validasi, adalah penumpang yang akunnya sudah bisa digunakan untuk memproses keberangkatan.

"Apabila belum bisa digunakan, calon penumpang diarahkan menuju meja validasi di meja KKP Kemenkes untuk didata terlebih dahulu," tutup Holik Muardi.  

Baca juga: Vaksinasi untuk Anak 12 Tahun ke Atas di Kota Bekasi Hingga 11 Agustus, Catat Tempat dan Tanggalnya

 
 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved