Breaking News:

Virus Corona

Tak Mau Kasus Akidi Tio Terulang, Ekonom Minta Pemerintah mesti Hati-hati Menerima Janji Sumbangan

Pemerintah diminta lain kali mesti hati-hati dalam menerima uang hibah dalam bentuk sumbangan dengan nilai triliunan dari pribadi.

Editor: Valentino Verry
@hotmanparisofficial
Heriyanti, putri Akidi Tio, yang memberi sumbangan kepada Polda Sumsel sebesar Rp 2triliun, yang ternyata bohong kini diamankan pihak kepolisian. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta lain kali mesti hati-hati dalam menerima uang hibah dalam bentuk sumbangan dengan nilai triliunan dari pribadi.

Seperti diketahui, Heriyanti, putri Akidi Tio, yang diduga menipu masyarakat Indonesia soal sumbangan Rp 2 triliun untuk mengatasi pandemi virus corona di Sumatera Selatan, kini menuai masalah.   

Baca juga: Hari Terakhir PPKM Darurat, Jalan Tol Tangerang-Jakarta Mulai Macet

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah sebaiknya memeriksa dahulu sumber dan legalitas uang hibah sebelum menerimanya. 

"Mungkin lain kali pemerintah perlu lebih berhati-hati untuk menerima hibah, asal uangnya dari mana," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews, Senin (2/8/2021). 

Selanjutnya, Bhima mengingatkan jika uang tersebut dalam status tindakan kriminal akan menjadi sulit untuk dicairkan dari sumber manapun, apalagi perbankan luar negeri. 

"Kemudian, (apakah) terlibat pencucian uang atau tidak, sampai perlu dikonfirmasi ke dirjen pajak apakah uangnya tercatat di SPT (surat pemberitahuan tahunan)" katanya. 

Baca juga: Selama Tsunami Varian Delta, 1.700 Nakes di Jakarta Barat Terpapar Covid-19

Kemudian, jangan sampai juga ada pihak memanfaatkan embel-embel membantu penanganan dampak pandemi Covid-19 dengan kegiatan tidak nyata. 

"Ini pelajaran ya, ada yang memanfaatkan situasi pandemi untuk memberi harapan palsu," pungkas Bhima. 

Diberitakan sebelumnya, Heriyanti, anak bungsu Akidi Tio dijemput langsung Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro ke Mapolda Sumsel Senin (2/8/2019). 

Info terbaru Heriyanti akan ditetapkan tersangka kasus uang hibah Rp 2 Triliun yang tidak benar. 

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved