Breaking News:

Yayasan Kanker Payudara Indonesia

Menkes Budi Sadikin Percaya Kerjasama Semua Pihak Terkait Bisa Kendalikan Penyakit Kanker Payudara

Terdapat 18,1 juta pasien kanker baru di dunia dan 48,4 persen ada di Asia, 57,3 persen kematian ada di Asia

Editor: Umar Widodo
Dok. YKPI
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan pada acara diskusi panel virtual acara Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hari terakhir Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021 diawali dengan sambutan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin secara virtual.

Menteri Kesehatan itu menyadari bahwa Data WHO dan Global Cancer Observatory menunjukkan bahwa pada tahun 2020, sekitar 2,3 juta perempuan didiagnosis menderita kanker payudara dan 685.000 meninggal akibat kanker payudara.

Meskipun angka kematian menurun di negara maju, namun ini masih menjadi masalah besar di negara berkembang, untuk itu ia sangat mengapresiasi kepada YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) dan semua pihak terkait yang telah mendukung terselenggaranya SEABCS 2021 ini.

“Komitmen dan tanggung jawab bersama dari semua pemangku kepentingan sangat penting dalam memastikan keberhasilan pencegahan dan pengendalian kanker payudara melalui promosi kesehatan, skrining, deteksi dini, dan pengobatan standar” ujar Menteri Kesehatan Budi Sadikin dikutip dari rilis yang diterima Warta Kota, Minggu (1/8/2021).

“Saya percaya dengan bekerja sama, membangun kekuatan kita dan mengalokasikan sumber daya yang cukup, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik untuk pengendalian kanker payudara di kawasan Asia Tenggara dan secara global," tambahnya.

Dalam diskusi dihari kedua ini terdapat beberapa kesimpulan, diantaranya seperti yang disampaikan oleh Dr. Julie Torode dari Institute of Cancer Policy / Kings College London.

Acara Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021 berlangsung secara virtual dengan YKPI sebagai penyelenggaranya
Acara Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021 berlangsung secara virtual dengan YKPI sebagai penyelenggaranya (Dok. YKPI)

Julie Torode menyampaikan pentingnya peraturan untuk kanker perempuan dimana merupakan prioritas untuk pencegahan serta pengendalian kanker yang merupakan kesempatan untuk mengubah pola pikir komunitas dalam pencegahan dan deteksi dini.

Dengan data yang dimilikinya yaitu, terdapat 18,1 juta pasien kanker baru di dunia dan 48,4 persen ada di Asia, sedangkan terdapat 9,6 juta kematian akibat kanker di dunia dan 57,3 persen di Asia.

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum di dunia, berharap semua negara bekerja sama dengan komunitas penyakit tidak menular.

Terus mengintegrasikan dukungan informasi dan layanan langsung serta diperlukan strategi eliminasi untuk membangun ekosistem kesehatan yang lebih baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved