Breaking News:

Banjir Jakarta

Ariza Yakin Jakarta tak Bakal Terendam, meski Alami Penurunan Permukaan Tanah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui permukaan tanah di Ibu Kota memang rendah, dan tiap tahun mengalami penurunan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Joko Suprianto
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta warga Jakarta tetap tenang meski terjadi penurunan permukaan tanah tiap tahun. Ariza yakin ibu kota tak akan terendam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui permukaan tanah di Ibu Kota memang rendah, dan tiap tahun mengalami penurunan.

Namun, politikus Partai Gerindra itu menyebut, bukan berarti 10 tahun lagi Jakarta bakal terendam air laut.

“Muka tanah di Jakarta memang tiap tahun ada penurunan, namun tidak berarti 10 tahun kemudian Jakarta terendam. Kami tetap mengupayakan, DKI dengan berbagai cara agar Jakarta tidak tenggelam,” kata Ariza melalui virtual, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: Ivan Gunawan Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis di Tambora untuk Capai Herd Immunity

Hal itu dikatakan Ariza untuk menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tentang kemungkinan Jakarta bakal tenggelam pada 10 tahun mendatang.

Pemicunya karena adanya perubahan iklim dan pemanasan global, sehingga permukaan air laut naik dan menerjang DKI Jakarta.

Kata Ariza, ada berbagai cara yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk mengantisipasi bencana itu.

Misalnya mendorong masyarakat dari menggunakan air tanah, menjadi air perpipaan yang dikelola BUMD DKI PAM Jaya.

“Jadi pipanisasi ditingkatkan dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR agar penyaluran air bersih tidak lagi diambil dari pompa masing-masing di rumah. Ke depan diharapkan menggunakan air semuanya melalui PAM,” jelas Ariza.

“Mudah-mudahan ini dapat mengurangi (penurunan) muka air tanah yang ada. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian, 10 tahun kemudian Jakarta tenggelam,” tambahnya.

Baca juga: IPW Minta Kapolri Copot Penanggung Jawab Penerimaan Bintara Polri 2021 di Polda Sulut

Selain itu, pemerintah daerah juga berkomitmen menata infrastruktur di wilayah Jakarta Utara, sehingga air rob atau air pasang tak lagi menerjang pesisir.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved