Breaking News:

Berita Jakarta

Ahmad Riza Patria Anggap Kewajiban Vaksinasi Covid-19 Tidak Memberatkan Pembeli di Warteg

Pelaksanaan vaksinasi  Covid-19 di Jakarta tinggi dan penyuntikan vaksin masih terus berjalan di sentra-sentra vaksinasi Covid-19.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Intan Ungaling Dian

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yakin, syarat vaksinasi Covid-19 tidak bakal mempersulit pembeli di warung tegal (warteg) atau warung makan.

Alasannya, pelaksanaan vaksinasi  Covid-19 di Jakarta tinggi dan penyuntikan vaksin masih terus berjalan di sentra-sentra vaksinasi Covid-19.

“Saya kira kebijakan yang diambil mudah-mudahan tidak memberatkan, dan ini juga mendorong percepatan warga agar semuanya bisa segera selesai vaksin. Apalagi di akhir Agustus ditargetkan selesai (7,5 juta orang),” kata Ahmad Riza Patria saat jumpa pers melalui virtual, Sabtu (31/7/2021).

Menurut dia, kewajiban vaksin bagi pengunjung di warteg dan rumah makan merupakan bagian dalam upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19.

Seperti diketahui, Covid-19 menular melalui interaksi ketika orang tidak memakai masker.

Sementara ketika makan, orang akan melepas maskernya sehingga potensi virus menyebar kepada orang lain sangat besar.

Baca juga: Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Wali Kota Jakarta Pusat Wajibkan Siswa untuk Vaksinasi Covid

Baca juga: Ivan Gunawan Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis di Tambora untuk Capai Herd Immunity

Namun, jika telah melakukan vaksinasi Covid-19, maka gejala bagi orang terpapar Covid-19  tidak akan berat sehingga mengurangi risiko kematian.

"Ketika kita makan tidak ada pilihan pasti buka masker. Ketika buka masker inilah potensi droplet penyebaran virus terjadi."

Karena itu, saya kira kebijakan ini dimaksudkan untuk kurangi potensi penyebaran,” ujar pria yang akrab disapa Ariza.

Menurutnya, kewajiban menunjukkan surat vaksinasi Covid-19 di rumah makan atau warteg telah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Nomor 402 tahun 2021.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved