Breaking News:

Kepulauan Seribu

5.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pulau Tidung Kecil Kepulauan Seribu

Ribuan bibit mangrove ditanam di pesisir Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Intan Ungaling Dian
Dok. Pertamina MOR III
Ilustrasi PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III melakukan pelestarian mangrove dan terumbu karang untuk memperkaya keragaman hayati di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUAN SERIBU - Ribuan bibit mangrove ditanam di pesisir Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan, 5.000 bibit mangrove ditanam pesisir Pulau Tidung Kecil. 

Kegiatan penanaman ribuan bibit mangrove itu merupakan hasil kolaborasi Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas KPKP DKI Jakarta. 

“Kami menanam mangrove sebanyak 5.000 pohon dalam rangka Internasional Mangrove Day yang diperingati setiap 26 Juli,” kata Devi, Sabtu (31/7/2021). 

Baca juga: Bantu Pelestarian Pantai Jakarta, Bank DKI Tanam 5000 Bibit Mangrove di Jakarta Utara

Baca juga: CSR Pertamina Wujudkan Ekowisata Mangrove Pantai Mekar Muara Gembong, Ini Tujuannya

Mangrove yang ditanam berjenis Rhizophora Sp itu merupakan ekosistem bermanfaat untuk keberlangsungan ekosistem pesisir. 

Semakin luasnya area tersebut, akar-akar mangrove akan menjadi tempat berkembang biak karena tempat pemijahan (spawning ground) bagi udang, ikan dan kepiting.

Sementara manfaat lain dari mangrove ini juga untuk penghijauan karena hijau daun dari pohon mangrove berfungsi sebagai penyerap polutan yang baik.

"Ini upaya kami untuk menambah kawasan taman mangrove di Pulau Tidung Kecil yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup ekosistem pesisir," kata Devi. 

Baca juga: Selamatkan Ekosistem di Kepulauan Seribu, DPC Partai Demokrat Kepulauan Seribu Tanam 1.000 Mangrove

Baca juga: Neneng Hasanah Sebut Tanam 1.000 Pohon Mangrove untuk Menjaga Ekosistem Laut di Kepulauan Seribu

Lantas dia mengajak masyarakat pesisir pantai untuk lebih giat menaman pohon mangrove yang merupakan ekosistem pesisir pantai dan pulau.

"Mari kita giatkan menanam pohon mangrove karena dari akar bawah sampai pucuk daun semua berfungsi, demi keberlangsung dan kelestarian alam di Kepulauan Seribu," ujar Devi. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved