Breaking News:

PT KAI Daop 1 Jakarta Batasi Penumpang Usia di Bawah 12 Tahun Mulai 29 Juli 2021

Mulai Kamis (29/7/2021), calon penumpang kereta api jarak jauh berusia di bawah 12 tahun akan dibatasi dengan sejumlah persyaratan.

Youtube Wartakotalive.com
Kepala Humas PT KAI Daop 1 DKI Jakarta Eva Chairunisa 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kepala Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, mulai Kamis (29/7/2021) calon penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) usia di bawah 12 tahun akan dibatasi.

"Penumpang dengan usia di bawah 12 tahun hanya dapat berangkat jika memiliki kebutuhan mendesak," kata Evi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/7/2021).

Kebijakan ini disesuaikan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Level 4 di Jawa dan Bali. 

Baca juga: Sejak Penerapan PPKM Darurat, Warga yang Isoman di TMII Menurun hingga 50 Persen

Adapun kebijakan tersebut sudah mulai diterapkan di sejumlah wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta yang mencakup Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bekasi, Karawang dan Cikampek.

Tujuannya adalah menekan angka paparan Covid-19 terhadap usia anak-anak sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Pengecualian bagi calon penumpang KA usia di bawah 12 tahun dapat dilakukan apabila yang bersangkutan dalam keadaan dan kebutuhan mendesak.

Baca juga: PT KAI Commuter Klaim Jumlah Pengguna KRL Anjlok Hingga 45 Persen Sejak Diberlakukannya STRP

Syarat yang wajib dipenuhi adalah melampirkan surat keterangan dari pemerintah setempat (Lurah/RW/RT), rumah sakit, sekolah dan lainnya.

"Sebagai contoh, calon penumpang di bawah 12 tahun yang mengikuti lomba olimpiade matematika di kota lain maka harus membawa surat keterangan dari sekolah. Kemudian,  seorang anak yang harus melakukan pengobatan  di rumah sakit di kota lain maka harus ada surat pengantar dari dokter, dan lain sebagainya" ujar Evi.

Berikut ini ketentuan perjalanan KA Jarak Jauh lainnya yang wajib diperhatikan pelanggan KA, yang berlaku sejak 29 Juli 2021, antara lain: 

- Calon pengguna KAJJ wajib menunjukkan hasil pemeriksaan covid-19 dengan hasil negatif baik RT PCR yang berlaku 2x24 jam atau Antigen yang berlaku 1x24 jam sejak pengambilan sampel. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved